oleh

Kabupaten Donggala Gelar Kontes Ternak Tahun 2022

Topikterkini.com.Donggala – Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Donggala, kembali mengadakan kegiatan kontes ternak, dalam rangka untuk memacu minat masyarakat peternak dalam mengelola usaha peternakan lebih bagus, sehingga dapat meningkatkan produktifitas usaha peternakan dan meningkatkan nilai jual ternak.

Kegiatan yang berlangsung di Desa Labuan Salumbone Kecamatan Labuan tersebut, berlangsung selama dua hari mulai tanggal 22 s/d 23 Juni 2022, dibuka langsung oleh Bupati Donggala Dr., Drs. Kasman Lassa, SH., MH.

Dimana kontes itu diikuti oleh 10 kecamatan yaitu Kecamatan Banawa Selatan, Tanantovea, Labuan, Sindue, Sindue Tombusabora, Tobata, Sirenja, Balaesang, Dampelas dan Sojol yang disponsori oleh Medion (Menyediakan obat-obatan ternak dan hewan), Bank Sulteng serta Honda.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Donggala, Hari Sucahyo, S. Pt, mengatakan dalam kegiatan kontes ternak tersebut salah satunya yaitu untuk memacu minat masyarakat peternak, sehingga mampu dan mau mengelola ternaknya sesuai dengan tehnologi yang ada.

“Insya Allah setelah kegiatan kontes ternak ini pola pemeliharaan ternak di Kabupaten Donggala khususnya di kecamatan yang ada, memang harus dirubah yang mana 90% yang ada sekarang ini adalah ternak yang cari makanan/rumput, sehingga artinya bahwa di Donggala sudah terkenal kandang ternak paling panjang mulai dari Balaesang sampai dengan Tanantovea dan ini bukan rahasia umum lagi,” ujarnya.

Sehingga setelah kegiatan kontes ternak tersebut, ia mengatakan sistimnya dalam pola pemeliharaan ternak dibalik yaitu pakan/rumput yang cari ternak, artinya ternak harus digembalakan atau dikandangkan, karena dengan kondisi itu akan lebih meningkatkan nilai ekonomisnya.

“Ini tujuan kami yang selalu dimotivasi dan didorong oleh Bupati, sehingga Insay Allah hari ini kita tunjukkan bahwa Donggala punya sapi yang berkualitas,”pungkasnya.

Diakhir sambutannya, Kadis Peternakan mengajak masyarakat untuk melakukan kegiatan yang produktif dalam bidang peternakan dan hal tersebut selaras dengan slogan Kabupaten Donggala “ISEMAPA MAIPIAPA”.

Dalam kontes ternak itu sendiri diikuti sebanyak 38 ekor sapi yang terdiri dari Sapi Donggala 17 ekor, Sapi Bali 8 ekor, Sapi Peranakan Ongole (PO) 13 ekor dan 15 ekor kambing terdiri dari kambing lokal 6 ekor dan Peranakkan Ettawa (PE) 9 ekor.

Laporan: Alir

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.