oleh

Lepas Sambut Siswa/Siswi UPT SPF SMPN 40 Makassar

TOPIKTERKINI.COM – MAKASSAR | Kegiatan Lepas Sambut Siswa/Siswi UPT SPF SMP Negeri 40 Makassar di prakarsai Pengurus Komite Sekolah (Paguyuban) periode 2021 -2023, berlangsung Sabtu, (25/06/2022) di halaman sekolah SMPN 40 di Jl. Aroepala Minasa Upa Makassar.

Lepas Sambut Siswa/Siswi UPT SPF SMPN 40 MakassarSelain Kepala Sekolah UPT SPF SMPN 40 H. Ahmad Lamo, S.Pd., M.Pd, guru-guru, Kadis Pendidikan Kota Makassar diwakili Hasmawati, S.Pd., M.Pd, Ketua Panitia Fatmawati Ketua Komite H. Muhammad Syamsir, SE., Wakil Ketua Komite Ir. Moh. Tasmin, Sekretaris Rahmat Soni BS dan pengurus komite lainnya, pun hadir Kepala Kelurahan Minasa Upa, Babinsa, Bimmas dan sejumalh orang tua siswa.

Sekitar pukul 10.15 Wita acara lepas sambut dimulai dengan Mc Rahmat Soni BS yang menyampaiakan susunan acara, pembacaan ayat suci dan sari tilawa, lagu Indonesia raya, laporan panitia, sambutan ketua komite, kepsek, Dewan sekolah, penyerahan cendramata, tari dan baca puisi.

Lepas Sambut Siswa/Siswi UPT SPF SMPN 40 MakassarH. Ahmad Lamo, S.Pd., M.Pd Kepala UPT SPF Smp Negeri 40 makassar, mengatakan SMPN 40 masih terbilang muda berdiri tahun 2011. Namun dari segi prestasi non akademik, sudah mampu tumbuh-kembang menjadi sekolah adiwiyata nasional tahun 2018. Namun dari segi akademik, kita belum menunjukkan prestasi.

Adiwiyata adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita-cita pembangunan berkelanjutan. Adiwiyata merupakan nama program pendidikan lingkungan hidup.

“Untuk mendapatkan adiwiyata nasional, predikat itu sebenarnya tidak muda. Berbagai parameter dan indikator, dari Dinas Lingkungan hidup. Penilaiannya, antara lain fisik 20 %, non fisik 80%. Semua kegiatan sekolah kita integrasikan dengan lingkungan,” sambung Ahmad Lamo.

Terkait kelulusan dan penerimaan tahun ajaran 2021/2022, lanjut Kepsek Ahmad Lamo menyebutkan 282 peserta didik yang lulus atau 8 rombongan belajar (rombel), . Kriteria kelulusan tahun ini masih berdasar Surat Edaran Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset tekhnologi.

“SMPN 40 terdiri 21 rombongan belajar (rombel), karena yang lulus tahun ini 8 rombel maka melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Makassar kami juga ajukan 8 rombel agar tetap balance. Dan yang kami diterima sebanyak 256 peserta didik,” jelas Ahmad Lamo.

Sementara Ketua Komite H. Muhammad Syamsir, SE., ST mengatakan selama terbentuknya di masa pandemic terdapat kendala dan keterbatasan waktu, tapi kita pengurus komite sepakat membuat program kerja. Dari program kerja tersebut tentu membutuhkan dana. Perpisahan yang kita laksanakn ini, secara sederhana. Wkil ketua komite sebagai penanggun jawab pelaksanaan.

Secara terpisah Wakil Ketua Ir. Moh. Tasmin, memaparkan program selanjutnya pembagunan kanopi, renovasi sekolah, semuanya sumber dananya sukarelawan dari orang murid.

Tasmin menambahkan, bantuan yang kami terima tidak ada paksaan dan upaya dari pengurus komite, seperti acara kali ini sumber dana tidak ada dari sekolah semua murni dari komite dan sukarelawan dari murid.

“Kenapa kita lakukan ini, untuk memberi kesan kepada murid bahwa inilah sekolah saya, tempat pendidikan saya selama 3 tahun, karena SMPN 40 sekolah unggulan dan mendapat predikat Adiwiyata Nasional,” pungkas Tasmin.

Laporan: Rachim Kallo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.