oleh

Bupati Agam, Diwakili Asisten I Setdakab Agam, Bukak Pelatihan Pengelolaan Zakat Bagi UPZ.

Topikterkini.com_Agam.
Bupati Agam Sumatera Barat, yang diwakili Asisten I Setdakab Agam, Rahman bukak acara pelatihan Pengelolaan Zakat Bagi UPZ, dimana
Bagian Kesra Sekretariat Daerah, gelar pelatihan bagi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nagari yang tersebar di daerah di Kabupaten Agam.

Bahwa pelatihan tersebut dihadiri dari UPZ Nagari dan jajaran Baznas Agam, di Hotel Sakura lubuk basung, pada hari, jumat (1/7/ sampai (3/7/ 2022).

“BAZ telah dibentuk sebelumnya, maka ke depan bagaimana pengelolaan zakat bisa dilakukan secara profesional, sehingga sasaran program dan pengelolaannya jadi jelas,” ujar Rahman.

Secara pemerintahan, katanya, ujung tombak hubungan pemerintah dengan masyarakat adalah nagari, yang nanti juga bisa menghimpun zakat serta membentuk UPZ di Nagari.

“UPZ dibentuk sebagai perpanjangan tangan dari Baznas Agam, dalam mengumpulkan zakat dari muzaki baik yang di ranah maupun perantauan,” sebutnya.

Waktu kita konfirmasi, pada hari sabtu, 2 juli 2022 sama Plt.Kabag Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Yosman mengatakan pelatihan pengelolaan zakat bagi UPZ Nagari itu bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan pengumpul zakat di Kabupaten Agam, dan kegiatan ini diikuti sebanyak 85 peserta, upz Nagari dan Baznas agam.

Pada hari kedua yang memberikan bimbingan dari Ketua Baznas Propinsi Sumatera Barat yaitu Dr.H.Buchari.S.Ag.Ma.dengan memberikan bimbingan bagi peserta dengan semangat sekali.

Ia mengakatan, pelatihan diikuti seluruh Nagari, karena kondisi masih pandemi sudah jauh berkurang, maka hanya telah dilaksanakan bagi perwakilan masing masing Nagari dan yang masing-masingnya mengutusnya.

Menurutnya, pelatihan digelar untuk meningkatkan kapasitas dan keprofesionalan peserta dalam mengelola zakat di Nagari, serta memiliki bekal tentang fiqih zakat.

“Kita berharap ke depan peserta mampu mensosialisasikan zakat di Nagari dan Perantau, serta membentuk UPZ di seluruh kecamatan,” harapnya. (Anto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.