oleh

SEKOM Mitra Polri Sangat Penting, ini Alasannya

Topikterkini.com|BANJARMASIN

BANJARMASIN – Sukses dan lancarnya sebuah pembangunan, sangat dipengaruhi oleh kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat. Maka dari itu, kehadiran Sentra Komunikasi (Sekom) Mitra Polri sangat penting.

Asisten Administrasi Umum, Subhan Nor Yaumil pada Musyawarah Provinsi IV Sentra Komunikasi Mitra Polri Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2022 di Kantor Senkom Mitra Polri Provinsi, Senin (26/9/2022).

Kata dia, selain dibentuk sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan undang-undang nomor 2 tahun 2022, tentang pam swakarsa.

Senkom Mitra Polri juga menjadi wadah kelompok masyarakat, yang memiliki kesadaran, dalam mewujudkan keamanaan dan ketertiban masyarakat.

“Dalam tugas dan fungsinya yang lain, senkom mitra polri juga menjadi jembatan atau media, antara polri dengan masyarakat, dan juga sebaliknya,” katanya.

Ia menuturkan, Senkom Mitra Polri juga bisa menjadi teladan atau pioner, sebagai masyarakat yang sadar akan hukum, masyarakat yang sadar kamtibmas, serta mewujudkan partisipasi akan pentingnya sinergitas antar masyarakat dengan aparat.

“Secara garis besar, Senkom Mitra Polri ini, merupakan wujud bela negara dengan semangat patriotisme dan nasionalisme,” terangnya.

Menurutnya keberadaan senkom mitra polri ini, patut terus untuk didukung. Karena dalam membina jutaan masyarakat dengan berbagai macam pemikirannya, bukanlah hal yang mudah. Terlebih di era sekarang, di eranya media sosial.

“Terkadang masyarakat dengan mudahnya menyebarkan sesuatu, padahal itu bisa berkonsekuensi hukum, ” tungaskny.

Oleh sebab itu, kehadiran Senkom Mitra Polri, diharapkan tidak hanya menjadi mitra polri tetapi juga menjadi mitra pemerintah daerah. serta dapat menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga lainnya,” ungkapnya.

Ia berharap, Senkom Mitra Polri bisa menjadi jembatan untuk mendekatkan polisi dengan masyarakat. Sehingga masyarakat dapat terdorong untuk bekerjasama dengan kepolisian, khususnya dalam menciptakan kamtibmas.

“Dengan begitu, kita dapat bersama-sama mewujudkan kamtibmas, mewujudkan masyarakat yang sadar hukum, serta tidak ragu apalagi takut, untuk membangun sinergi dengan para aparat. Jika sudah terwujud, maka kita akan dengan mudah untuk membangun bangsa dan banua ini,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Senkom Kalsel Untung Priyono mengungkapkan, Musprov IV ini juga sekaligus dilaksanakan pemilihan Ketua Senkom yang baru.

“Jadi, kepada siapapun yang terpilih nanti. Diharapkan bisa membawa Senkom Kalsel menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya.

Sumber dan Penulis: Hadiey
Editor : Nanda

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *