Peringatan HKN ke-58 Bupati Donggala Minta Nakes Komitmen Bantu dan Berikan Pelayanan Terbaik Pada Masyarakat

Topikterkini.com.Donggala – Bupati Donggala, Dr., Drs. Kasman Lassa, SH., MH, tutup kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-58 yang dilaksanakan di Pantai Boneoge Donggala, Kamis (17/11/2022). Dalam kesempatan itu, Bupati Donggala di dampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Ketua TP-PKK dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala dan turut dihadiri Pimpinan OPD, Kepala Bagian, Seluruh Kepala Puskesmas dan Rumah Sakit.

Bupati Donggala, Dr., Drs, Kasman Lassa, SH., MH, menyampaikan, tugas utama tenaga kesehatan merujuk dari lagu Indonesia Raya “Bangunlah Jiwanya dan Bangunlah Badannya”, artinya tenaga kesehatan memperbaiki dan membenahi jiwa dan badan manusia, sehingga manusia itu tetap sehat dan bisa beraktifitas dengan baik.

Lanjut disampaikannya, apa yang dilakukan dalam 1 (satu) tahun, minimal menurunkan angka kematian terhadap ibu dan anak, Stunting dan kemiskinan.

Dimana penurunan angka stunting yang kita ketahui merupakan kegiatan nasional yang harus dilaksanakan “Itu merupakan tanggung jawab kita semua, karena merupakan program nasional mau tidak mau dan suka tidak suka inilah tugas kita”, ujarnya

Olehnya itu, Bupati meminta kepada semua petugas kesehatan baik yang ada di puskesmas maupun di Rumah Sakit, berkewajiban memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat” karena kalau masyarakat sehat negri kita pasti sehat”pungkasnya.

Selain itu, Bupati juga menegaskan kepada tenaga kesehatan agar mobil operasional keliling yaitu Ambulance jangan sampai disewakan atau dibayar oleh masyarakat ketika masyarakat membutuhkannya, jangan sampai ada laporan kepada pemerintah bahwa puskesmas tidak memberikan Ambulance “Bantulah masyarakat minimal kita pinjamkan mobil oprasional,”

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, H. Muzakir Ladoali, S. Sos., menyampaikan tujuan dilaksanakannya peringatan HKN Ke-58 yaitu pertama melaksanakan konsilidasi dari program institusi dan antar sesama nakes, dalam rangka menegakkan tugas dan amanat yang diberikan pada bidang kesehatan.

Kedua dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan seluruh Nakes yang ada, untuk bersatu padu dan berkomitmen berkaitan dengan pembangunan Kabupaten Donggala.

Berkaitan dengan pelaksanaan HKN, telah dilakukan beberapa kegiatan lomba yang sifatnya seremonial di dalam meningkatkan hubungan antar manusia dan sesama petugas kesehatan di Kabupaten Donggala diantaranya lomba menyanyi, tarik tambang, voli pantai, domino dan makan kerupuk.

Laporan: Alir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *