SIP DOKTER (SISTEM INFORMASI PELAYANAN DOKUMEN ONLINE KESEHATAN TERINTEGRASI) Oleh : dr. H. Arianto S. Panambang, M.A.P

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Propinsi Sulawesi Tengah secara reguler melaksanakan Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan bagi para ASN di lingkungan Propinsi Sulawesi Tengah, salah satunya Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) yang pada tahun 2023 ini rencanakan akan di laksanakan sebanyak 5 Angkatan, mulai angkatan XI sampai dengan Angkatan XV.

PKA Angkatan pertama di tahum 2023 ini adalah Angkatan XI yang terdiri dari 40 Peserta berasal dari ASN di Lingkungan Pemda Propinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Sigi, Kabupaten Tojo Una Una dan Kabupaten Buol.

Semua peserta di wajibkan membuat Rencana Aksi Perubahan Kinerja Organisasi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan di lingkup organisasi perangkat daerah tempat setiap peserta PKA bekerja, dan pada tahap akhir akan di seminarkan di hadapan Penguji, Coach dan Mentor.

SIP DOKTER (Sistem Informasi Pelayanan Dokumen Online Kesehatan Terintegrasi) merupakan Aksi Perubahan Kinerja Organisasi yang dibuat oleh Peserta PKA XI dengan NDH 06 yakni dr. Arianto S. Panambang, M.A.P, Sekretaris Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Buol.

Aksi Perubahan ini dirancang pada Tahap Kegiatan Jangka Pendek selama kurang lebih 2 bulan, terhitung mulai 12 Mei 2023 – 08 Juli 2023 untuk mengintegrasikan layanan kesehatan di dua wahana Kesehatan yakni UPT. RSUD Mokoyurli Buol UPT. Puskesmas Biau, Buol

Adapun layanan yang akan di integrasikan menggunakan Layanan Google Form dengan bantuan Petugas PIC di kedua Wahana. Untuk UPT. RSUD Mokoyurli Buol akan di integrasikan Layanan Rawat Jalan (Poli), Layanan Rawat Inap (IGD) dan Layanan UTD RS. Sementara untuk UPT. Puskesmas Biau akan di integrasikan Layanan Ruang Tindakan (IGD), Layanan Poli Umum, Layanan Poli Gigi dan Mulut serta Layanan Poli KIA.

Diharapkan dengan Sistem Informasi layanan ini, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Buol bisa mendapatkan berbagai informasi secara real time, utamanya informasi mengenai Jenis Pelayanan Kesehatan terhadap masyarakat setiap harinya, termasuk mendapatkan jumlah pasien yang dilayani setiap harinya dikedua wahana tersebut. Ini juga sekaligus untuk memantau dan memastikan bahwa pelayanan kesehatan terlaksana setiap harinya.

Hal lain yang bisa didapatkan adalah Layanan UTD RS yang bisa menginformasikan setiap hari Jumlah Stok Darah yang tersedia dan Kebutuhan Harian Setiap Golongan Darah yang di butuhkan setiap harinya. Informasi ini penting untuk tindak lanjut menyiapkan ketersediaan kebutuhan dengan cepat melalui kerjasama dengan PMI Kabupaten Buol dan Komunitas Donor Darah yang ada di Kabupaten Buol.

Dengan adanya Sistem Informasi Pelayanan ini insya Allah berbagai informasi layanan dan kebutuhan terkait pelayanan kesehatan bisa di akses dengan mudah dan cepat, sehingga sangat membantu dalam melaksanakan tindakan selanjutnya.

Insya Allah Sistem Informasi Pelayanan ini secara bertahap akan di integrasikan kepada semua wahana kesehatan yang saat ini ada di Kabupaten Buol yakni UPT. RS Pratama Pandangan dan 13 UPT Puskesmas Lainnya.

Keberlanjutan Aksi Perubahan ini insya Allah akan menjadi cikal bakal Buol Satu Data Kesehatan yang memberikan infomasi lengkap mengenai Pelayanan dan Dokumen Kesehatan khususnya di Kabupaten Buol.

 

Penulis Adalah Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan XI Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *