oleh

Tingkatkan Kemampuan Personil, Basarnas Gelar Pelatihan di Kantor SAR Kendari

Laporan Jurnalis Sultra : Darman

TOPIKterkini.com, Kendari— Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari, menggelar kegiatan pelatihan dan latihan pencarian dan pertolongan, untuk meningkatkan kemampuan perencanaan operasi pencarian dan pertolongan dalam penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan.

“Melalui kegiatan pelatihan pencarian dan pelatihan pertolongan di gunung hutan (Ungle Rescue), kita tingkatkan sinergitas dalam penanganan kecelakaan penerbangan, bencana alam dan kondisi membahayakan jiwa manusia di wilayah sulawesi tenggara (Sultra)”

Dalam sambutan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari, Djunaidi, S. Sos. Bahwa kegiatan ini berlangsung selama 7 hari, dimulai pertanggal 20 hingga 27 Februari 2019, di Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra). Di Claro Hotel Kendari, Senin (20/2/19)

“Kegiatan pelatihan pencarian dan pertolongan diikuti sebanyak 60 peserta yang berasal dari TNI-Polri, Instansi pemerintah dan organisasi masyarakat lainnya dengan jumlah 72 jam pelajaran serta biaya di bebankan pada Dipa anggaran tahun 2019 Kantor Pencarian dan pertolongan Kendari,” Jelasnya

Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P, M.M, QIA mengatakan, Pelatihan dan latihan yang diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kemampuan para personil SAR, mempercepat kegiatan penyelenggaraan operasi SAR,” kata Nugroho

“Diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kemampuan para peserta siaga SAR, mempercepat kegiatan penyelenggaraan operasi Sar”

Pelatihan ini salah satu bentuk untuk mengantipasi adanya bencana maupun musibah dan sebagai langkah pertolongan awal Operasi SAR yang setiap saat mungkin akan terjadi. Jelasnya Nugroho

“Pelatihan potensi dan pelatihan SAR ini merupakan bentuk pembelajaran awal yang dilakukan oleh potensi SAR untuk memberikan bekal pengetahuan keterampilan serta pembentukan sikap mental kepada para peserta”

BACA JUGA : 

Dengan harapan, setelah menyelesaikan pelatihan dan latihan ini para peserta nantinya akan memiliki sikap mental sebagai seorang potensi SAR dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan dan latihan untuk keperluan tekhnis operasional dilapangan nantinya. Harap Deputi Operasi Kesiapsiagaan Basarnas.

“Potensi SAR akan mengajarkan mengenai ilmu Operasi SAR, sehingga nantinya ilmu ini dapat diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan. Olehnya itu, diharapkan kepada para peserta untuk dapat mengikuti dengan baik, belajar dan menimpah ilmu secara maksimal sehingga menjadi seorang operasi SAR yang berkwalitas dan profesional dalm menjalankan tugas pencarian dan pertolongan dilapangan”

Pembukaan Pelatihan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari “Di Buka secara Resmi oleh Gubernur Sultra, Sultra, H. Ali Mazi, SH, disaksikan Deputi Operasi Kesiapsiagaan Basarnas, Danrem Sultra, Ketua DPRD Sultra, Walikota Kendari, Danramil Kendari, Syahbandar Bungkutoko Kendari serta beberapa Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar, Gorontalo, Palu, Ambon dan Ternate,”

 

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed