Pemkab Gelar Sosialisasi Persandian dan Sertifikat Elektronik

oleh -

Laporan Jurnalis Kalbar :Yahya Iskandar

TOPIKterkini.com, Kalbar – Pemkab Sekadau menggelar sosialisasi persandian dan sertifikat elektronik yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Sekadau, Rabu (24/4). Hal itu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya penyelenggaraan persandian dalam pengamanan sekaligus sertifikat elektronik dalam mendukung pemerintahan berbasis e–goverment.

Asisten II Setda Kabupaten Sekadau, Paulus Yohanes menuturkan, kegiatan tersebut dilaksanakan juga sebagai upaya dalam meningkatkan kepercayaan dan dukungan publik terhadap sistem elektronik untuk pelayanan publik. Pemkab, kata Yohanes, mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Di era digital ini sangat penting sekali aspek keamanan informasi untuk diperhatikan, karena tata kelola informasi dan komunikasi akan terganggu jika informasi sebagai objek utama mengalami masalah,” ujar Yohanes.

Foto : Sosialisasi persandian dan sertifikat elektronik

Menurutnya, salah satu pengamanan informasi diantaranya adalah pemanfaata sertifikat elektronik. Hal itu diatur dalam Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Pemerintah Nomor 82 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

“Padal pasal 41 ayat 1, penyelenggaraan transaksi elektronik dalam lingkup publik atau privat yang meggunakan sistem elektronik untuk kepentingan pelayanan publik wajib menggunakan seertifikat keandalan dan atau sertifikat elektronik,” ucapnya.

Yohanes mengatakan, dengan demikian terwujudnya pelayanan publik lebih cepat dan lebih murah. Sehingga, mempercepat proses dan waktu dalam segala pelayanan. Hal itu dapat diwujudkan dengan pemanfaatan sertifikat elektronik.

Ia berharap, adanya kegiatan sosialisasi adalah langkah awal dalam penerapan sertifikat pada Pemkab Sekadau. Sehingga, mampu dikembangkan sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat dalam memberikan pelayanan yang maksimal dengan permebangan yang ada dan sesuai menuju sistem pemerintahan berbasis e–goverment.

“Dengan kegiatan ini semoga dapat memberikan penjelasan, pengertian dan pemahaman kepada seluruh SKPD tentang pentingnya keberadaan persandian pada Pemkab Sekadau dalam pegamanan informasi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Sekadau, Sabas menjelaskan, tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut, yaitu pemahaman penyelenggaraan persandian kepada seluruh perangkat daerah dalam hal pengamanan informasi. Ia mengatakan, salah satu pengamanan informasi tersebut, yaitu penerapan sertifikat elektronik pada Pemda dalam meningkatkan pelayanan publik menuju pemerintahan berbasis e–goverment di Pemkab Sekadau.

Adapun, kata dia, materi dalam kegiatan tersebut, diantaranya penyelenggaraan persandian pada Pemda dalam rangka pengamanan informasi. Kemudian, penerapan sertifikat elektronik pada Pemda.

“Nasumber kegiatan tersebut yaitu dari Badan Siber dan Sandi Negara,” pungkasnya.

Loading...