Menyikapi Banyaknya Kades Terlapor Di Wajo, Zulfikar Ingatkan ‘Tak Boleh Dikriminilasi’

oleh -
Ketua Celebes Corruption Watch (CCW), Zulfikar

TOPIKterkini.com, WAJO – Pengelolaan dana desa dari tahun ketahun telah berjalan, namun seiring perjalanan waktu sejumlah Kepala Desa khususnya di Kabupaten Wajo telah banyak yang terlapor sampai di kejaksaan tinggi.

Terkait hal ini , Celebes Corruption Watch (CCW) menilai banyaknya kades di Kabupaten Wajo yang terlapor di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel diduga syarat dengan kepentingan.

Ketua CCW, Zulfikar, mengingatkan bahwa kepala desa yang tidak melakukan korupsi dana desa tidak boleh dikriminalisasi. Jika hal itu terjadi, maka kepala desa berhak melaporkannya ke Satgas Dana Desa.

“Kalau kepala desa merasa terkriminalisasi bisa laporkan ke Satgas Dana Desa,” ujar Ketua CCW, Zulfikar. Rabu (22/5/2019).

Lanjut Zulfikar, menekankan kepada kepala desa tidak perlu takut dalam menggunakan dana desa. Pasalnya, paradigma pengawasan dana desa bukanlah persoalan bagaimana menangkap orang yang salah. Namun bagaimana agar orang tidak berbuat salah,” katanya.

Bukan hanya kepala desa, CCW juga mendorong masyarakat melaporkan kepada Satgas Dana Desa jika melihat adanya indikasi penyelewengan dana desa oleh oknum tertentu, atau bahkan kepala desa.

“Laporkan (penyelewengan) ke penegak hukum setempat, kepolisian atau kejaksaan. Kalau tidak puas, bisa telepon Satgas Dana Desa di nomor 1500040,” (Asrul)

Laporan Jurnalis Sulsel : Tim

Publisher : Darman

Loading...