oleh

Pemdes Loghiya Muna, Optimalkan Dana Desa Sesuai Kebutuhan Masyarakat

TOPIKTERKINI.COM, MUNA – Pemerintah Desa (Pemdes) Loghiya yang terletak di Kecamatan Loghiya, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra). Optimalkan penggunaan dana desa (DD) sesuai kebutuhan masyarakatnya.

“Penggunaan Dana Desa digunakan seoptimal mungkin agar manfaatnya bisa dirasakan masyarakat setempat. Tujuan Dana Desa ini untuk memajukan desa, sebab pembangunan daerah berawal dari desa,” ujar Kepala Desa Loghiya,Hasbun, S.Pd, saat ditemui media TOPIKterkini.com (23/9/2019).

Kepala Desa Loghiya, Hasbun, S.Pd mengatakan, anggaran tahun 2019 yang telah direalisasikan penggunaan dana desa (DD) bersumber APBN. Kami programkan dengan berbagai kegiatan yang menjadi skala prioritas berdasarkan hasil musrembang.

Program pembangunan tersebut “Skala Prioritas” tahun anggaran 2019 yakni peningkatan jalan usaha tani (katingan), pembangunan Deucker 3 unit terletak di dusun II, pembuatan jamban sebanyak 21 unit, pembangunan dudukan air bersih beserta lengkap tandon (tower air bersih) sebanyak 56 unit di tiap Kepala Keluarga (KK).

Kemudian program Pemberdayaan yakni pembuatan karambah apung 1 unit di lengkapi dengan bibit ikan Nila terdapat di dusun II, Kerajinan kasur satu kelompok di dusun I, pengadaan bahan tani rumput laut berupa tali nilon, pengadaan tenda pesta 2 lokal, penyertaan modal BUMDes sebanyak 45 juta. ungkap Kades Loghiya, Hasbun, S.Pd.

“Dana Desa tersebut dialokasikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pemanfaatan dana desa untuk pembangunan atau pengembangan infrastruktur desa sehingga dapat dirasakan asas manfaatnya sebagai penopang pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Selanjutnya, untuk diketahui “Desa Loghiya” memiliki potensi untuk dapat dikembangkan khususnya di sektor pariwisata. Olehnya itu, Pemdes Loghiya bersama masyarakat akan memanfaatkan dana desa (DD) untuk pengembangan Budaya Wisata lokal melalui perbaikan infrastruktur dan bidang pemberdayaan.

“Pemanfaatan dana desa untuk sektor pariwisata sudah diatur dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 19 Tahun 2017 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa,” tutur Kades Hasbun, S.Pd.

Kepala Desa Loghiya,Hasbun, S.Pd menjelaskan ia akan mengalokasikan sebagian dana desa untuk pengembangan atau membangun sarana prasarana wisata, menggelar kegiatan seni budaya, hingga pemberdayaan masyarakat sehingga berkontribusi terhadap pemasukan desa dan juga dapat menambah pendapatan masyarakatnya.

Untuk itu “Desa Loghiya” sekarang kami juga akan menjajaki dalam pengembangan menjadi Desa Budaya Wisata, serta meningkatkan budidaya tani rumput laut dan bawang merah. Dengan harapannya, meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakatnya.

Sementara itu, Sekertaris Desa Loghiya, La Iyani mengatakan terus berupaya membentuk generasi muda berpendidikan dan memiliki dasar agama yang kuat melalui kegiatan perkaderan atau pelatihan-pelatihan sehingga dapat menyiapkan generasi handal di bidang keagamaan. jelasnya.

Laporan : Asdin

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed