oleh

Interdisipliner di Film Ati Raja

Kredit khusus ketika lagu-lagu di Film Ati Raja bisa diaransemen ulang oleh teman2 dari Prodi Musik Universitas Negeri Makassar:
Andi Ihsan
Khaeruddin Udin
Irwan Idris
Said Abdul Malik
Arga Rahdiyanzah
Hamrin Samad Lalaki Maharayya

Interdisipliner di Film Ati Raja

Gagasan memfilmkan Ati Raja ini bisa menyelamatkan file dari Vinyl lagu-lagu Ho Eng Dji. Pertama kali mendengar kualitas audio lagu2 Baba Tjoi (panggilan Ho eng gie) cukup mengenaskan, tidak sempurna dan agak sulit dijadikan bagian dari film. Kami lalu berinisiatif menghubungi para akademisi musik UNM untuk membantu mengarensemen ulang beberapa lagu. Tidak butuh waktu Lama bagi mereka untuk bisa kembali menghidupkan nuansa klasik bercampur tradisi yang kental di dalam lagu-lagu Baba Tjoi.

Tidak hanya itu, para teman-teman akademisi UNM akhirnya bersedia ikut bergabung menjadi pemain anggota kelompok musik Ho Eng Dji.

Tahap selanjutnya adalah memadukan komposisi musik tradisi menjadi satu harmoni komposisi yang berkontribusi membentuk mood dalam film. Kami mendapat rekomendasi untuk berdiskusi dengan pemusik Surya Jad N Sugy yang juga pernah mengaransemen lagu Ati Raja versi Pop dengan penyanyi Rany Maharani. Beliau juga kemudian bersedia menjadi penata musik di film Ati Raja.

Film ini kemudian kaya akan musikalitas kolaborasi antara para pemusik tersebut di atas. Sehingga “Ritme” film ini juga ikut terjaga.

Tak banyak yang bisa dilakukan film ini, tapi langkah langkah awal untuk mengapresiasi tokoh, institusi, seniman, dan masyarakat Sulawesi Selatan sudah kami lakukan; Mewujudkan interdisipliner karya dalam film agar masyarakat bisa menyaksikan sempalan sejarah penting di Tanah Makassar.

Maka kami menantikan kunjunganta semua untuk mengapresiasi karya yang akan menjadi milik kita bersama ini, sekarang dan selamanya.

Sejarah adalah sekarang, Semoga bisa menikmati, Salam ATI RAJA.

Ancoe Amar
Produser

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed