oleh

Lakalantas, PSC 119 Takalar Tanggap Darurat

TOPIKterkini.com-Takalar: Telah terjadi kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Jalan jendral Sudirman poros Takalar – Makassar, tepatnya di depan kantor Mapolres Takalar, sekitar pukul 10.15 wita, Selasa (12/11/2019).

Salah seorang warga H. Sapri yang melihat dan berada dilokasi kejadian, langsung menghubungi pihak Satlantas Polres Takalar dan PSC Takalar untuk datang dan memberikan pertolongan kepada korban.

Kecelakaan tersebut melibatkan Mobil minibus Avanza yang dikendarai Jabal datang dari arah jeneponto menuju makassar, sementara dari arah barat Sepeda motor yang dikendarai Marsuki bersama adiknya (Indah) muncul dengan kecepatan tinggi dan hendak menyebrang, akhirnya tabrakan pun tak terhindarkan.

Akibatnya, Marsuki mengalami patah tulang pada kaki, sementara adiknya (Indah) tidak sadarkan diri karena kepalanya membentur trotoar jalan, serta pengendara mobil (Jabal) hanya mengalami luka ringan.

Tim PSC 119 Takalar yang tiba dilokasi setelah 10 menit kemudian, dengan dibantu warga dan Satlantas Polres Takalar, langsung memberikan pertolongan dan penanganan awal sebelum para korban dinaikkan ke mobil ambulans untuk selanjutnya dilarikan ke Rumah Sakit.

Setelah semua korban dibawa ke Rumah Sakit Umum terdekat, akhirnya kegiatan SIMULASI yang digelar Tim PSC 119 Takalar selesai dan berjalan lancar, kegiatan pun dilanjutkan dengan Foto bersama dengan Personil Satlantas Polres Takalar.

Sementara itu, Ketua Umum PSC 119 Kabupaten Takalar Abd Marhadi yang ditemui selepas Simulasi menyampaikan, meskipun ini sifatnya hanya simulasi, namun diharapkan kegiatan ini mampu mengedukasi masyarakat jika suatu waktu menemui hal serupa agar secepatnya menghubungi Tim PSC dengan call centre 119.

Marhadi menambahkan, kegiatan simulasi tersebut bertujuan untuk mematangkan serta mempersiapkan diri dan Tim jika terjadi sesuatu agar bisa membantu masyarakat secara Optimal dan membangun komunikasi yang baik kepada masyarakat.

“Simulasi ini sangat penting dilaksanakan agar Tim PSC 119 Takalar lebih kompak, dan lebih matang dalam melakukan pertolongan dan penanganan kegawat daruratan, utamanya korban Lakalantas agar dapat ditangani dengan cepat dan tepat,” ujarnya.

Ditambahkan bahwa, pentingnya peran aktif masyarakat untuk menghubungi call center 119 jika menemui gawat darurat. Petugas akan menindaklanjuti panggilan tersebut dengan mengirimkan ambulans dan tenaga kesehatan baik itu dari Tim PSC maupun dari puskesmas terdekat menuju lokasi kejadian.

Laporan: A/K

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed