oleh

Inovasi BALADA CAPIL, Disdukcapil Luwu Timur Serahkan Langsung Akta Kelahiran di RS Awal Bros Sorowako

LUWU TIMUR – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Luwu Timur terus melakukan inovasi guna memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat  dalam dalam hal kepemilikan administrasi kependudukan berupa Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, dan KIA (Kartu Identitas Anak).

Kali ini dengan program BALADA CAPIL atau Bayi Lahir Langsung Dapat Akta Kelahiran dari Disdukcapil.

Inovasi ini terbukti sangat memudahkan masyarakat, karena petugas Disdukcapil mengantarkan langsung Akta Kelahiran tersebut ketempat sang bayi dirawat.

Pada Rabu, 20/11/2019, Dukcapil menyerahkan langsung Akta Kelahiran seorang bayi atas nama Adeeva Kirana L. anak dari pasangan  Abd. Fahim L. dan Harni yang tengah dirawat di Puskesmas Lampia, Kecamatan Malili, dimana akta kelahirannya diserahkan langsung oleh Kepala Seksi Kelahiran Disdukcapil Lutim, Sukmawaty Syam.

Dan hari ini, Jumat (22/11/2019), Petugas dari Dukcapil kembali menyerahkan Akta Kelahiran seorang bayi yang baru lahir di RS. Awal Bros Sorowako bernama Nethanel Arsenio Laenus anak dari pasangan ayah Rusdianto Laenus dan ibu Vina Yayistri Aserto yang diserahkan langsung Kepala Seksi Pengolahan dan Penyajian Data, Hj. Mauliyana Badrun didampingi Sekcam Nuha, Indra Wijaya dan Kepala Seksi Kelahiran, Sukmawaty Syam yang diterima oleh dr. Riana Inggrid Suranto selaku yang menangani bayi tersebut.

dr. Riana Inggrid Suranto mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Luwu Timur khususnya Dinas Dukcapil yang telah meluncurkan inovasi Balada Capil ini sehingga si bayi yang masih dirawat bisa langsung mendapat Akta Kelahiran dan KIA nya.

Lanjut dr. Riana, demi mensukseskan program ini, kedepan pihaknya akan menyediakan ruangan khusus untuk orang tua yang ingin mendaftarkan bayinya guna untuk menerbitkan Akta Kelahiran, KK, dan KIA bayinya.

“Harapan kami selaku pihak dari Rumah Sakit Awal Bros, semoga kedepan kerjasama ini dapat terjalin dengan baik dan terus berlanjut karena inovasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tidak perlu lagi jauh-jauh ke kabupaten mengurusnya,” harap dr. Riana.

Kepala Seksi Kelahiran, Sukmawaty Syam mengatakan, Balada Capil merupakan langkah Pemerintah Kabupaten Luwu Timur khususnya Disdukcapil untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat sekaligus mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan yaitu Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan KIA.

“Saya mohon kerjasama kepada setiap Bidan Puskesmas/Rumah Sakit khususnya di Kelas Ibu Hamil untuk menginformasikan dan mengedukasi setiap ibu hamil sebisa mungkin agar telah mempersiapkan nama bagi anaknya sebelum melahirkan,” urai Sukmawaty.

Sementara ibu sang bayi, Vina Yayistri Aserto mengungkapkan kekagumannya kepada Dukcapil Lutim yang telah meluncurkan inovasi ini.

“Saya sangat kagum dengan inovasi dari Dukcapil ini, karena baru kemarin anak saya lahir, dan hari ini sudah mendapat Akta Kelahiran, KK dan KIA nya. Saya tidak menyangka bisa secepat ini jadi,” ungkapnya.

Ia berharap inovasi ini dapat terus berjalan agar masyarakat tidak mengalami kendala dalam pengurusan administrasi kependudukan untuk anaknya.(SH)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed