oleh

TNI, Polri dan Pemda Sekadau Bersinergi Wujudkan Desa Mandiri

TOPIKTERKINI.COM, KALBAR Polri, TNI dan pemerintah daerah bersinergitas dalam mendukung terwujudnya desa mandiri di Kalimantan Barat. Tentunya 3 pilar, yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa memiliki peranan penting.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Zakaria menuturkan, pihaknya menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh Polda Kalbar. Ia mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mensinergikan 3 pilar dalam rangka mewujudkan desa mandiri.

“Caranya, masing-masing sektor membangun apa yang menjadi tupoksinya. Misalnya, Bhabinkamtibmas melaksanakan keamanan, siskamling dan harapan kita untuk mewujudkan desa mandiri bisa bersama-sama,” kata Zakaria ditemui usai pembukaan apel besar 3 pilar yang dilaksanakan di Hotel Vinca Borneo Sekadau, Kamis (28/11).

Setiap desa diharapkan bisa menuntaskan 15 indikator, kabupaten 15 indikator dan provinsi 22 indikator. Bila hal itu terpenuhi, maka 52 indikator berdasarkan Permendes bisa tercapai.

“Alhamdulillah, saat ini Sekadau yang dari nol pada 2019 ada 4 desa mandiri. Sesuai target provinsi itu sudah tercapai,” ucapnya.

Zakaria berharap, kedepan 16 desa mandiri bisa tercapai. Sehingga, dalam kurun waktu 5 tahun desa-desa di Sekadau sudah bisa mencapai 90 persen. Zakaria mengatakan, TNI dan Polri memberikan dukungan untuk mempercepat terwujudnya indikator desa mandiri.

Sehingga, percepatan itu bisa terkawal dengan baik. Hal ini juga untuk mencegah terjadinya penyimpangan agar dalam program pembangunan desa mandiri bisa clear dan clean.

“Kalau desa mandiri masyarakat sejahtera, masyarakat punya pekerjaan, penghasilan yang baik dan punya kegiatan yang sifatnya kondusif serta masyarakat merasa aman,” ujarnya.

Sementara itu, Dirreskrimum Polda Kalbar, Kombes Pol Veris Septiansyah menilai kegiatan tersebut sangat penting, mengingat peran 3 pilar sangat strategis dalam mewujudkan rasa aman dan nyaman di masyarakat. Ia mengatakan, kesiapan dalam rangka mendukung pembentukan desa madniri harus dipersiapkan dengan maksimal.

“Keberadaan 3 pilar sangatlah penting dalam pembangunan desa mandiri. Desa mandiri adalah desa yang dapat memenuhi kebutuhannya sendiri dan tidak semata-mata hanya memerlukan bantuan, tapi mampu mengatur desanya dan mengatur potensi yang ada di desanya,” tutur Veris.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed