oleh

Raih juara 1, ‘Nagara Rimba Nusa’ Kalahkan 755 kontestan desain ibu kota baru Indonesia

TOPIKTERKINI.COM – JAKARTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan telah mengumumkan desain “Nagara Rimba Nusa” sebagai pemenang kontes desain untuk ibu kota baru negara di Kalimantan Timur

Desain yang dibuat oleh studio desain arsitektur dan perkotaan URBAN +, mengalahkan 755 kontestan lain untuk memenangkan hadiah sebesar Rp 2 Milyar

“Desain mereka akan dikembangkan menjadi dokumen desain perencanaan modal sesuai dengan kerangka kerja yang telah diungkapkan oleh Presiden Jokowi,” Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian itu Danis Sumadilaga, yang juga adalah ketua komite kontes, mengatakan pada hari Senin (23 Desember) ), seperti dikutip dari kompas.com.

BACA JUGA: Jackie Chan hampir tenggelam saat syuting Film Thriller Vanguard

Kementerian juga mengumumkan empat runner-up lainnya: “The Infinite City”, “A Thousand Furrows”, “The Emerald of the Equator” dan “The Village of the People of the Archipelago.”

Desain pemenang, yang secara kasar diterjemahkan menjadi “puncak hutan dan pulau”, terinspirasi oleh kepulauan Indonesia dan mencakup fitur-fitur seperti istana presiden Indonesia Raya (Indonesia Besar) dan plaza Bhinneka Tunggal Ika (Persatuan dalam Keanekaragaman).

Sibarani Sofyan, pendiri URBAN +, mengatakan ia telah meminta bantuan banyak mitra, termasuk dari luar Indonesia, untuk membuat desain.

BACA JUGA: Kiah Sedih, Biarawati anak di Myanmar bermimpi hidup bebas konflik

“Tentu saja saya tidak bisa membuatnya sendiri. Saya punya teman dari Hong Kong, Singapura dan tempat-tempat lain dan kami mengerjakan ini bersama, ”kata Sibarani seperti dikutip dari tribunnews.com.

“Inspirasi datang dari banyak tempat berbeda tetapi kami juga menggunakan unsur-unsur Pancasila yang terkait dengan desain ibukota.”

Meskipun memenangkan kontes, desain “Nagari Rimba Nusa” tidak akan digunakan sebagai dasar tunggal untuk ibu kota baru, dengan Danis mengatakan bahwa pemerintah akan berkolaborasi dengan tiga kontestan teratas serta desainer internasional.

“Kami akan mempertajam proses [desain] hingga Maret atau April,” katanya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Basuki Hadimuljono mengatakan tiga desain teratas untuk ibukota baru telah memenuhi tiga kriteria untuk kota: harus menjadi simbol peradaban maju Indonesia, harus ramah lingkungan dan harus dirancang dengan generasi mendatang.

BACA JUGA: Lima Serangan Bajak Laut dalam Empat Hari di Selat Singapura

“Pada Januari 2020, kami akan membawa tiga pemenang teratas untuk mensurvei lokasi ibukota baru sehingga mereka bisa mendapatkan rasa tempat mulai dari pusat wilayah pemerintah pusat,” kata Basuki seperti dikutip oleh kantor berita Antara. ANN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed