oleh

Dana Desa Bermasalah, Komisi I DPRD Halsel Desak Inspektorat Audit APBDes Dolik

TOPIKTERKINI.COM – HALSEL | Komisi I DPRD Halsel menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) keterwakilan masyarakat desa Dolik yang berlangsung diruang Komisi I DPRD Halsel Kamis, (04/06/20) pagi tadi.

Rapat Dengar Pendapat (RDP) tersebut di pimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi I Hi Sagaf Hi Taha yang dihadiri anggota Fadila Mahmud, Haryadi Ibrahim serta keterwakilan masyarakat desa Dolik Kecamatan Gane Barat Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara.

Hasbi Jainal selaku keterwakilan warga mengemukakan bahwa terkait dengan persoalan yang terjadi di desa Dolik itu, masalahnya sudah lama mulai dari tahun 2017 – 2020. Hal yang paling mendasar kata Hasbi yang juga Wakil Ketua LSM LIRA Halsel ini dengan tegas mengatakan bahwa tidak ada transparansi Pemerintah Desa soal anggaran baik ADD dan DD.

“Hal ini sudah sangat jelas bahwa sejak kepemimpinan Kades Iswadi Ishak mulai dari tahun 2017 hingga 2020 Kades Dolik tidak pernah transparan dalam pengeluaran keuangan, bahkan tidak pernah mempublikasikan secara transparan. Padahal, dalam UU bahwa baliho APBDes ADD dan DD menjadi syarat utama sebagai instrumen transparansi anggaran.

Bahkan Kades Dolik dalam kebijakannya selama ini terkesan pilih kasih, pada konteks pembangunan di desa. Baik fisik maupun non fisik,” tuturnya.

Lanjut Hasbi ada dua poin tuntutan kami yang pertama kami memohon kepada Bupati Halsel untuk mengevaluasi kepala desa bila perlu menonaktifkannya sementara.
Pihaknya juga memohon kepada Inspektorat melalui komisi I segera melakukan Audit Pengelolaan Anggaran DD desa Dolik tahun 2019,” harapnya.

Menanggapi uraian persoalan desa Dolik tersebut Pimpinan Rapat Dengar Pendapat Komisi I DPRD Halsel Hi Sagaf Hi Taha menegaskan bahwa kami di Komisi I DPRD Halsel tidak main-main dalam menanggapi berbagai persoalan yang tengah terjadi di berbagai desa DPRD akan segera menindaklanjutinya, bahkan dirinya dengan tegas di hadapan perwakilan masyarakat mengaku masalah ini akan kami dorong ke pihak Inspektorat untuk melakukan Audit khusus. Olehnya itu kami komisi I tidak tinggal diam dan akan mengambil langkah secepatnya, janji Sagaf di hadapan perwakilan masyarakat Dolik,” tuturnya.

Kami pihak DPRD berkeyakinan setiap ada letupan aksi yang terjadi di desa-desa pasti ada masalah, oleh karena itu kami akan agendakan secepatnya dengan instansi terkait.

Terkait dengan masalah yang terjadi di berbagai desa di masa pendemi Covid 19 ini, melalui komisi I kami meminta kepada Inspektorat untuk tidak melakukan Audit biasa tapi audit khusus,” tegasnya kembali.

Kalau pun dalam hasil audit tersebut terdapat temuan maka kami Komisi I akan menggunakan kewenangan dan mengeluarkan rekomendasi,” pungkasnya.

Laporan : Lamagi La Ode

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed