oleh

Angkat Kearifan Lokal Asal Mula Maudu’ Lompoa di Cikoang, Nabila Raih Juara 2 Lomba Mendongeng Tingkat Sulsel

MAKASSAR, TOPIKterkini.com – Hari ini, Selasa, 28 Juli 2020 bertempat di Kantor Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Jalan Sultan Alauddin Makassar digelar kegiatan Grand Final Lomba Mendongeng (Bercerita) atau Story Telling tingkat Pelajar SD.

Setelah mengikuti Lomba Bercerita yang diikuti oleh 24 Kab/Kota se Sulawesi Selatan dalam bentuk virtual, akhirnya menyisahkan 6 Kabupaten yang melaju ke babak Grand Final. Ke 6 finalis tersebut yakni dari Kabupaten Enrekang, Maros, Bulukumba, Pinrang ,Takalar dan Toraja Utara.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi selatan Muh. Hasan Sijaya dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan rasa bangga atas animo siswa untuk mengembangkan minat baca, sehingga event ini menjadi wadah bagi siswa dan masyarakat yang melek dan peduli pada pengembangan aktivitas literasi sejak dini (dilingkungan sekolah), selain itu mari kita bekerja ikhlas untuk menumbuhkan potensi dari pelosok demi mencerdaskan kader bangsa mulai dari desa. Jangan melihat juarahnya, tapi inilah bukti berapa besar minat dan SDM anak di Sulawesi Selatan yang mampu tampil memukau di depan banyak orang dengan penguasaan materi yang baik.

Adapun ke 6 finalis lomba yakni Fatimah Az Zahrah Aziz dari Enrekang, Nabila Raihan Kadir dari Takalar, Andi Zhafirah Trias dari Pinrang, Andi Keisya Aisyah dari Bulukumba, Airah Ainmatul Naifah dari Maros dan Thyfana Seifa Tumading dari Toraja Utara.

Dalam lomba ini, perwakilan Kabupaten Enrekang meraih Juara Pertama yang secara otomatis mewakili Sulawesi pada tingkat Nasional, beda tipis nilai pointnya dengan Nabila perwakilan dari Kabuaten Takalar.

Kepala SDN Centre No 1 Pattallassang Siswati yang juga hadir memberikan support ke Nabila, menyampaikan bahwa ia sangat bangga dan bersyukur atas prestasi yang diraih oleh siswanya di tingkat Provinsi. Ia telah mampu membawa nama baik Kabupaten Takalar. Yang mana sebelumnya Kabupaten Takalar belum pernah lolos di tingkat Provinsi dalam ajang Lomba Bercerita tingkat SD/Mi, kali ini mampu bersaing dengan siswa lainnya.
“Ini berkat Kerjasama yang baik antara DPK Kabupten Takalar, para Guru, orang tua siswa dan Komite Sekolah,” bebernya penuh gembira.

Zainuddin Detol Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Kegemaran Membaca yang mendampingi langsung sangat bangga dan bersyukur atas prestasi yang diraih siswa SDN Centre No 1 Pattallassang ini. Ia mewakili Kabupaten Takalar dan mampu mempersembahkan Juara 2 untuk Butta Panrannuangku. Mudah-mudahan dengan prestasi Nabila akan menjadi motivasi bagi siswa siswi SD/MI di Kabupaten Takalar untuk mengikuti jejaknya ditingkat Provinsi dan bisa melaju ketingkat Nasional.

Ditempat terpisah Kadis DPK Kab. Takalar Darwis, mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak, utamanya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Takalar, kepala SDN No. 1 Centre Pattallassang, Guru- guru, Pembina dan Kedua orang tuanya bapak Kadir dan Ibu Hardianti atas kerja sama, kekompakan dan dukungan penuh sehingga bisa meraih peringkat ke 2 di tingkat provinsi, kedepannya kami berharap Takalar bisa meraih puncak dan bermunculan Nabila – Nabila baru yang dapat menuju tingkat Nasional.

(Ak)

Komentar

News Feed