oleh

Babinsa Koramil 10/Lolowau Dampingi Pemerintah Desa Menyelesaikan Sengketa Lahan

TOPIKTERKINI-NIAS SELATAN-Babinsa Koramil 10/ Lolowau Sertu SH Purba menghadiri acara penyelesaian sengketa lahan dalam pengerjaan pembukaan badan Jalan Dusun 1 Desa Hilikara, Kecamatan Lolowau, Kabupaten Nias Selatan bertempat di Aula kantor camat Lolowau, (01/09/2020).

Turut Hadir dalam penyelesaian sengketa tanah tersebut oleh Camat Lolowau, DanRamil 10/ Lolowau mewakili Srt Sh Purba, Kapolsek Lolowau / Iptu B. Manurung, Kades Hilikara /Ponisman Giawa, Sekdes, Ketua BPD, Kadus, Staf kantor Camat, Penghibah Lahan yakni Sarabudi Hulu; Yaso hulu dan Yarman Hulu dan Masyarakat Desa Hilikara.

Kehadiran Babinsa diharapkan sangat membantu penyelesaian sengketa tanah yang muncul di wilayah binaannya. Permasalah yang muncul akibat adanya sengketa lahan pengerjaan pembukaan badan jalan dari pihak kedua yakni penghibah tanah Sarabudi Hulu, Yaso hulu dan Yarman Hulu dan Pemerintah Desa selaku pihak kedua yang melaksanakan pekerjaan. Dari hasil kesimpulan rapat diperoleh kesepakatan antara kedua belah pihak antara lain.
1. Pihak penghibah tidak mempermasalahkan sengketa lahan pembangunan di Desa Hilikara Dusun 1 desa Hilikara dan pembukaan jalan baru akan di lanjutkan dengan catatan hibah an. Yaso hulu akan di tanda tangani oleh saudara kandungnya an. Rasa budi Hulu.
2. Permasalahan ini di selesaikan secara kekeluargaan dan segala tuntutan atau laporan di polsek Lolowau tidak berlaku lagi demi Hukum.
3. Pemerintah Desa selaku pihak pertama dan penghibah selaku pihak kedua telah saling memaafkan atas caci maki yg telah terucapkan sewaktu pengerjaan lahan di lapangan.
4. Berita acara dan hibah telah dibuat dan di sepakati oleh kedua belah pihak di Aula kantor camat Lolowau.

Babinsa 10/Lolowau bersama Pemerintah Kecamatan dan Desa berupaya memediasi permasalahan sengketa tanah ini. Kemudian kedua belah pihak sepakat menempuh cara kekeluargaan dan saling memaafkan.
“Keputusan yang diambil bahwa mereka siap berdamai secara kekeluargaan, berita acara dan hibah telah dibuat dan di sepakati oleh kedua belah pihak” ungkap Sertu SH Purba. (TZ).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed