Hampir 300 orang Muslim Rohingya ditemukan terdampar di pantai di Aceh

TOPIKTERKINI.COM – ACEH: Hampir 300 Muslim Rohingya ditemukan di sebuah pantai di provinsi Aceh Indonesia pada Senin dan dievakuasi oleh militer, polisi dan relawan Palang Merah, kata pihak berwenang.

Rombongan tiba di pantai Ujong Blang dengan menggunakan satu perahu dan dilaporkan oleh warga sekitar. Para petugas yang tiba menemukan bahwa kelompok tersebut telah terpecah menjadi tiga kelompok setelah mendarat, kata Komandan Militer Kecamatan Banda Sakti Roni Mahendra.

“Kami membujuk mereka dan meminta bantuan warga sekitar hingga mereka berkumpul kembali,” kata Mahendra
181 perempuan, 100 laki-laki dan 14 anak-anak diberi perlindungan dan menerima bantuan dari penduduk setempat, petugas dari polisi setempat dan petugas militer dan kesehatan.

BACA JUGA: Gambar orang Palestina di bawah lutut tentara Israel memicu kemarahan

“Sekarang kami masih menunggu instruksi lebih lanjut dari supervisor kami,” kata Mahendra.

Pada bulan Juni, nelayan Indonesia menemukan 94 Muslim Rohingya yang kelaparan dan lemah di atas perahu kayu yang terapung di lepas pantai Aceh, provinsi paling barat Indonesia.

Ratusan ribu Muslim Rohingya telah melarikan diri dari Myanmar yang mayoritas beragama Buddha karena tindakan keras militer, dan banyak yang tinggal di kamp-kamp pengungsi yang padat di Bangladesh.

BACA JUGA: Ledakan di masjid saat Sholat Jumat tewaskan 24 Orang

Aktivis hak asasi khawatir sejumlah besar Rohingya telah pergi ke laut, melarikan diri dari penganiayaan yang sedang berlangsung di Myanmar dan kesulitan di kamp-kamp di Bangladesh di mana para penyelundup mungkin menjanjikan kehidupan yang lebih baik kepada para pengungsi di luar negeri. – AN

Editor: Erank

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *