oleh

Kuasa Allah dan Pilot Hebat, Lepas dari Maut Andi Amir Hamsah Terpilih Ketua IKA SMAGA 85

Kuasa Allah dan Pilot Hebat, Lepas dari Maut Andi Amir Hamsah Terpilih Ketua IKA SMAGA 85

Oleh. Rachim Kallo

Apa betul atau tidak beredar kabar secarik kertas berlogo BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) di beberapa group WhatsApp yang mengingatkan kondisi cuaca dari 1-3 April 2021. Dan infomasi itu betul-betul terjadi.

Hujan, kilat dan angin kencang sekitar pukul 03 WITA, dini hari (02/04/2021) Makassar dan sekitarnya dilanda badai itu.

Cuaca buruk itu dialami sahabat namanya Andi Amir Hamsah (AAH) di atas pesawat, perjalanan dari Jakarta ke Makassar. Lalu AAH mengirimkan pengalaman itu via WhatsApp ke saya. Sekitar pukul 08.00 saat saya baru mengaktifkan ponsel, beberapa saat kisah AAH saya baca karena jaringan selama beberapa jam kurang baik, akibat aliran listrik PLN terputus.

“Saya suka kisah ini (ditulis Andi Amir Hamsah), baik untuk edukasi dan perenungan diri,” jawabku spontan. Kisah AAH diberi judul KUASA ALLAH DAN PILOT HEBAT.

Penerbangan dari Jakarta ke Makassar biasanya ditempuh 2,07 jam, namun penerbangan kali ini (tadi malam 2-4-2021 pukul 00.30 WIB), ditempuh dalam waktu 3,25 jam akibat cuaca yg kurang bersahabat.

Semua penumpang merasakan ketidaknyamanan ini dan hanya berdoa kepada Allah SWT.

Ketika menjelang mendarat di Bandara Sulhas (Sultan HasaNurdin) Mandai Maros oleh Pramugari yang masih nampak cantik memberikan informasi. Pikiran saya dan semua penumpang merasa bersyukur karena tidak lama lagi akan mendarat. Namun tiba-tiba pesawat terasa goyang dan terasa agak miring dan semakin lama semakin goyang.

Pesawatnya bukan turun justru makin meninggi, saya berpikir dalam hati, hal biasa dalam dunia penerbangan. Anggapan itu justru lain dari perkiraan, saya merasakan ada keanehan.

Rasa aneh itu menyadarkan bahwa di luar terlihat dari balik jendela pesawat, cuaca kurang bagus. Tak ada yang bisa terlihat kecuali gelap. Anehnya lagi, saat itu tidak hujan, tapi kok pesawat semakin goyang dan bergetar.

Spontan saat itu saya langsung memanjatkan doa kepada Allah SWT. Semua doa yang saya hafal berusaha membacanya, bahkan sampai doa-doa yang saya baca sudah habis, tapi pesawat masih goyang dan semakin keras goyangnya, tidak ada pengaruhnya samasekali.

Saya mencoba mengaji dengan surah yang pendek-pendek, agar saya bisa mengendalikan perasaan saya, yang dibalut gelisah, cemas terus-menerus ada dalam benak.

Mencoba mengalihkan pikiran dan mencari tahu, terhadap kondisi sekarang ini. Saya mengaktifkan layar TV di depanku untuk mencari informasi terkait peta penerbangan.

Setelah melihat dan mencermarti ternyata pesawat yang saya tumpangi, oleh Pilot kemungkinan berupaya mau mendarat darurat di bandara Palu Sulteng (ini hanya perkiraan saya saja) tapi tiba-tiba memutar arah seakan-akan mau menuju bandara di Balikpapan ( ini juga perkiraan saya saja).

Namun tidak lama kemudian , pesawat memutar arah kembali kearah tujuan yang sebenarnya di Bandara Sulhas Mandai Maros. Dengan segala upaya dan keterampilan Sang Pilot, meski cuaca tidak bersahabat ditambah hujan dengan derasnya serta doa kami semua para Penumpang dikabulkan oleh Allah Yang Maha Kuasa,

Alhamdulillah pesawat yang kami tumpangi berhasil mendarat meski harus melawan kencangnya Angin yg berhembus seakan2 membuat miring pesawat ketika mendarat.

Untuk itu, saya secara pribadi mengucapan terima kasih dan penghargaan serta doa saya persembahkan kepada Sang Pilot yang telah mengantar saya kembali dengan selamat ke Makassar, semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan menjaga Sang Pilot yg super hebat itu (maaf saya tidak sempat mencatat namanya) dalam nenjalankan tugasnya sebagai SOPIR di Udara. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin. Salamaqki Topada Salamaq. Makassar, 2-4-2021, AAH.

Hikmahnya, terlepas dari maut usai menjalankan dinas kantor beberapa hari di Jakarta.

Kuasa Allah dan Pilot Hebat, Lepas dari Maut Andi Amir Hamsah Terpilih Ketua IKA SMAGA 85AAH menghadiri acara Silaturahmi Komunitas Alumni SMAN 3 Makassar (Smaga), di cafe Clb food, Jln Mappaoddang Makassar, Pukul 14.00 WITA.

Di acara bertajuk silaturahmi ternyata dirangkaikan pemilihan Ketua Ika Smaga 85. Secara aklamasi Andi Amir Hamsah terpilih sebagai ketua.

Sebelum laporan pertanggung jawaban pengurus lama, AAH sempat berkata ke saya lewat pesan WhatsApp (saya tidak ada di acara itu), “Aiii… Kayaqnya kita biarkan saya berjuang sendiri belah…”

“Ada teman2 lain puang. Tidak sendiri Ki disana, tnt muli, om habas, tnt Tati dll,” jawab saya ke AAH

“Ndak cukup bagi saya tanpa kita. Saya hadir disini hanya karena kita yg bujuk dari awal toh,, saya sudah infokan Ki,” timpal AAH

“Konsen Ki dan fokus Ki dulu puang. Saya ada ji untuk kita. Saya monitoring dari beberapa teman ini,” jawabku menenangkan AAH.

Tak lama info dari salah seorang teman di group alumni mengabarkan SELAMAT ATAS TERPILIHNYA ANDI AMIR HAMSAH, sebagai Ketua Ika Smaga 85, Periode 2021 – 2025. Salamaq tapada salama, Puang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed