oleh

Corona di Persimpangan atau Tersimpan?

Corona di Persimpangan atau Tersimpan?

Jejak Kaki 2 tahun Covid 19
Oleh : Mustaufiq

Dua tahun sudah Covid 19 yang menjadi momok bersama menghantui masyarakat dunia saat ini. Tidak sedikit nyawa jadi korban corona dan bahkan efek minus ekonomi dunia pun jadi tumbal dahsyatnya coronavirus tersebut.

Pada 2 Maret 2020, untuk pertama kalinya pemerintah mengumumkan dua kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia, Pemerintah Indonesia tidak lantas langsung menutup akses penerbangan langsung dari dan ke Wuhan, yang ada di sekitar enam bandara. Antara lain Batam, Jakarta, Denpasar, Manado Makassar.

Hal tersebut dengan pertimbangan dampak ekonomi dimana saat itu kondisi ekonomi di belahan dunia tanpa terkecuali indonesa mengalami dentuman dan gejolak.

Kebijakan yang diambil pun cukup melakukan langkah-langkah antisipatif.

Antara lain menggunakan Health Alert Card atau Yellow Card, juga Thermal Scanner untuk mengecek suhu tubuh diatas 38,5 derajat Celsius di pintu masuk dan keluar RI. Namun justru mobilitas yang tinggi lah membuat covid 19 telah memasuki pelosok desa dan dusun di seantero nusantara.

Lalu setelah 2 tahun lebih hadir di tengah kita apakah ada tanda covid 19 akan hengkang meninggalkan bumi pertiwi?, vaksinasi anti virus yang telah di galakkan pemerintah dari pusat hingga daerah dengan harapan semoga dapat menjadi solusi mumpuni guna menciptakan herd immunity atau perlindungan secara tidak langsung dari suatu penyakit menular yang terwujud ketika sebuah populasi memiliki kekebalan baik lewat vaksinasi maupun imunitas yang berkembang dari infeksi virus.

Kampanye Pola hidup sehat dan penerapan budaya bermasker pun terus digaungkan, karena dengan demikian maka cara kita memproteksi diri dari virus covid 19 akan menjadi senjata ampuh dalam membungkam ke dikdayaan virus yang memikili nama ilmiah Orthocoronavirinae Tersebut.

Tidak tanggung tanggung akibat covid 19 tersebut, realokasi anggaran di setiap daerah lebih terfokus pada penanganan virus yang di kenal istilah Refokusing dana Covid 19.

Semua elemen penanganan dan pencegahan di libatkan, ada TNI, Kepolisian, Ulama, dan bahkan Jurnalis pun hadir didalamnya dalam memberi edukasi pada masyarakat.

Dunia pendidikan pun berubah 360 derajat karena Corona, zoom meeting dan daring saat ini menjadi lazim di telinga demi mencegah pertemuan namun kita berharap jangan menjadi penumpul kecerdasan anak bangsa.

Corona biarlah di persimpangan dan lelah menanti sehingga meninggalkan kita semua.

Corona di Persimpangan atau Tersimpan?

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed