oleh

Dikbud Provinsi Kunjungi Basecamp Pustaka Pinggir Kali, Pemda Sumbawa Kapan ???

Topikterkini.com Sumbawa : Niat baik dan usaha yang tidak pantang menyerah dari sejumlah anak muda Kelurahan Bugis Kabupaten Sumbawa yang tergabung dalam organisasi atau wadah Pustaka Pinggir Kali (Pupinka) untuk tingkatkan mutu pendidikan di Sumbawa rupa nya langsung direspon oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kepala Dikbud Provinsi, Dr H Aidy Furqan MPd usai mengetahui kontribusi Pupinka bagi generasi muda di Sumbawa melalui pemberitaan salah satu media online, ia langsung memerintahkan tim provinsi yang ada di Sumbawa untuk mendatangi Basecamp Pupinka, Senin (24/5).

“Alhamdulillah respon dari Dikbud Provinsi berkunjung langsung ke Pupinka memberi semangat baru bagi pengurus bahkan masyarakat di sini,” ungkap salah satu pengurus Pupinka, Fahmi yang akrab dipanggil Koko Mamenk.

Koko Mamenk mengatakan, ketika kunjungan tim dari Dikbud Provinsi datang, anak-anak muda ngumpul semua dan mereka lebih semangat karena diperhatikan oleh pemerintah.

“Iya, lebih semangat, mereka beranggapan selama ini pemerintah tutup mata kepada semua yang telah dilakukan Pupinka kepada generasi muda, tetapi kemarin terbukti mereka semangat lagi,” kata Koko Mamenk.

Namun, ia menyayangkan pemerintah daerah hingga saat ini belum merespon dan belum memberikan kontribusi yang maksimal kepada Pupinka, sementara Pupinka selama 5 tahun ini hadir untuk membantu anak muda di Sumbawa meningkatkan mutu pendidikan.

“Pupinka hadir sebagai organisasi yang memberikan pelajaran, edukasi terhadap anak sedini mungkin selain pelajaran formal yang didapat di sekolah, karena pastinya yang didapat di sekolah belum cukup,” katanya Koko Mamenk.

Karena masih banyak anak-anak muda di Sumbawa, tambah Mamenk yang masih terjerumus dalam hal negatif seperti pengangguran, narkoba, bahkan membawa diri lebih buruk lagi.

Alhamdulillah Pupinka selama ini telah memfasilitasi dan merekomendasikan beberapa anak muda untuk melanjutkan sekolah ke sejumlah universitas di NTB.

“Saya berharap Pemerintah Daerah melalui Dikbud dapat memperhatikan kami, karena selama ini perhatian itu belum kami dapatkan,” kata Koko Mamenk.

Sementara itu, Kasi Kelembagaan dan Peserta Didik Dikbud Provinsi, Aisyah, yang terjun langsung ke Pupinka, Senin, menyampaikan apresiasi yang luarbiasa kepada Pupinka, niat tulus dan kerja keras dari beberapa orang memang sangat dibutuhkan untuk membangun pendidikan di NTB.

“Harapannya, setelah kami turun ini, kami akan laporkan ke Dikbud provinsi untuk difasilitasi,” katanya.

Ia juga berharap, bukan saja Dikbud Provinsi, tetapi Pupinka juga harus berkoordinasi dengan Dikbud Sumbawa sehingga dapat dibantu lebih jauh dalam mengembangkan Pupinka untuk ke depan.

“Saya harap Pupinka ini terus berkembang untuk membantu memperbaiki mutu pendidikan dan memperbaiki karakter generasi muda,” ucapnya.

Di waktu berbeda, Kepala Dikbud Provinsi NTB, Dr H Aidy Furqan MPd mengapresiasi usaha yang dilakukan Pupinka. Setelah membaca berita dari media online, ia langsung memerintahkan tim untuk berkunjung ke Pupinka.

“Saya apresiasi inovasi dan gerakan Pupinka dalam membangun pendidikan di Sumbawa. Saya ditugaskan pak Gubernur tidak hanya fokus pada SMA SMK dan SLB saja. Makanya saya berusaha allout menata dan mengelola Dikbud ini,” tandas H Aidy.

Liputan: Saeful

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed