oleh

Kekuatan Pangan Berpeluang Menjadi Sektor Penunjang Perekonomian di Masa Pandemi

KEKUATAN PANGAN BERPELUANG MENJADI SEKTOR PENUNJANG PEREKONOMIAN DI MASA PANDEMI

OLEH: MUH IKHSAN RAMADHAN
(Mahasiswa Prodi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar)

Sektor pertanian merupakan sector yang mempunyai peranan penting dalam pembangunan perekonomian di Indonesia. Pandemic covid-19 yang masuk ke Indonesia pada awal tahun 2020 berdampak pada semua sector, salahs atunya sector pertanian.

Dampak yang sangat dirasakan opleh masyarakat adalah perubahan lingkungan strategis global yang ditandai dengan adanya gangguan supply pangan, menurunnya perminataan pada produk petanian, ancaman krisis pangan serta restriksi ekspor pangan yang mengglobal.

Dari semua dampak covid-19 menyebabkan perekonomian pertanian menurun ataupun merosot. Hal tersebut tentunya menjadikan keprihatinan bagi pemerintah dan masyarakat khususnya petani. Dan jika dilihat dari sector penunjang ekonomi yang relative meningkat setiap tahunnya adalah sekotr pertanian. Petani sangat mengharapkan adanya penanganan ataupun perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah

Pemerintah sendiri telah melakukan perbaikan atau penanganan yang baik yang telah diakibatkan oleh pandemic covid-19 yang menyebabkan perekonomian pertanian menurun yaitu dengan peningkatan kesejahteraan petani. Dilihat dari data pada sisi lapangan usaha, tercatat 64,5% ekonomi Indonesia berasal dari sekrtor industry, pertanian,perdagangan,konstruksi, dan pertambangan.

Nilai pertumbuhan ekonomi pertanian tetap meningkat dan menunjukkan niali positif selama pandemic tahun 2020 – 2021. PDB sector pertanian padan tahun 2020 tercatat 1,75% dan Triwulan I 2021 tercatat 2,95%.Hal ini menunjukkan bahwa ekonomi pertanian pertumbuhannya sangat positif.

Meskipun data yang tertulis ekonomi pertanian menunjukkan pertumbuhan yang positif, namun banyak tantangan kepada pemerintah umtuk memperbaiki program-program yang sekiranya menurun akibat pandemic covid-19.

Dari kutipan Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI program yang akan dijalan sala satunya adalah pengembangan food estate yang berbasiskan korporasi yang bertujuan memudahkan dalam pemberian pendampingan, pembiayaan, dan fasilitas klepada para petani.

Program food estate yang dilakukan pemerintah guna memperbaiki sector pertanian akibat covid-19 dapat memberikan kesejahteraan bagu para petani dan pendapatan per kapita meningkat serta dapat dijadikan salah satu solusi untuk meningkatkan ekonomi pertanian di Indonesia.

Berbagai upaya telah dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian pertanian di Indonesia yang sempat menurun akibat pandemic covid-19. Untuk merealisasikan hal tersebut diharapkan pemerintah dan masyarakat Indonesia dapat saling membantu dan bekerjasama dalam memperkuat upaya meningkatkan ekonomi pertanian di Indonesia. Karena masalah ekonomi pertanian tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah melainkan juga tanggungjawab masyarakat. Jika pangan tercukupi maka masyarakat akan menjadi sehat dan juga dapat meningkatkan produktivitas masyarakat.

Daftar Pustaka

https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/647/pemerintah-dorong-peningkatan-sektor-pangan-dan-pertanian-untuk-kesejahteraan-masyarakat-indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed