oleh

Aspek Kehidupan Peradaban Yunani Kuno

Aspek Kehidupan Peradaban Yunani Kuno

Penulis : Iffah Rahayu Ningsih
(Mahasiswi Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Alauddin Makassar)

Peradaban Yunani Kuno yang berlangsung selama lebih dari 2500 tahun dan memiliki capaian dalam banyak aspek kehidupan. Beberapa dari aspek kehidupan Yunani seperti pemikiran filsafat dan sistem pemerintahan masih diterapkan hingga masa sekarang. Sistem pemerintahan peradaban Yunani Kuno adalah negara kota (city state) yang terdiri dari banyak polis (kota berdaulat).

Secara umum kehidupan ekonomi Yunani Kuno bertumpu pada sektor perdagangan dan industri. Lokasi strategis Yunani yang berada di persimpangan Eropa Selatan dan Timur Tengah. Sektor pertanian hanya dilakukan di daerah yang subur, seperti Peloponesos.

  1. Kekuasaan dipegang atau dikendalikan oleh kelompok kecil masyarakat. Ciri – ciri merupakan salah satu ciri dari sistem pemerintahan oligarki yang paling bisa terlihat yaitu kepemimpinan dikendalikan atau dipegang oleh suatu kelompok kecil masyarakat. Sebagian besar kelompok kecil ini mempunyai uang. Mereka dapat dengan mudah masuk ke dalam pemerintahan karena memiliki uang serta kekayaan. Hal ini pernah terjadi saat revolusi industri yang terjadi di Inggris. Orang – orang kaya yang memperolah uang dari hasil revolusi industri bisa masuk ke dalam pemerintahan dengan mudah.
  2. Terjadi ketidaksetaraan ataupun kesenjangan dari segi material yang cukup ekstrim.

Sistem pemerintahan oligarki bisa terjadi karena adanya kesenjangan dalam hal material yang sangat ekstrim di dalam masyarakat. Orang – orang kaya akan terlihat menonjol jika dibandingkan dengan kelompok yang tidak memiliki uang. Sehingga dapat dikatakan bahwa semakin tidak seimbang distribusi kekayaan pada sebuah masyarakat, akan semakin besar pula pengaruh kekayaan terhadap kekuasaan. Hal tersebutlah yang memunculkan konflik sosial di masyarakat di pemerintahan oligarki. Contoh dari konflik sosial di pemerintahan oligarki yaitu, kemiskinan yang semakin meningkat sedangkan pemimpinnya semakin kaya.

 

  1. Uang dan kekuasaan merupakan hal yang tidak terpisahkan. Ciri – ciri lain dari pemerintahan oligarki yang sangat mudah dilihat yaitu, kekuasaan yang terfokus pada kekayaan. Kekayaan tersebut bisa mempengaruhi segala hal seperti kapasitas, motivasi, hingga masalah politik untuk mereka yang mempunyai kekuasaan. Seperti yang telah dijelaskan di atas jika mereka yang mempunyai kekayaan, akan dengan mudah untuk memperoleh kekuasaan di negara.

 

  1. Kekuasaan dimiliki hanya untuk mempertahankan kekayaan. Pemerintahan oligarki erat kaitannya dengan kekayaan. Sistem pemerintahan hingga politik yang dijalankan oleh suatu negara dalam hal ini menerapkan sistem oligarki biasanya hanya untuk mempertahankan kekayaan bagi penguasa. Di dalam pemerintahan oligarki, pengambilalihan kekayaan artinya mengambil alih kekuasaan. Sehingga, akan dilakukan berbagai cara bagi penguasa untuk mempertahankan kekayaan yang dimilikinya.

 

Kompas.com. 2020. https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/16/135211069/aspek-kehidupan-peradaban-yunani-kuno. Di akses pada tanggal 16 november 2020

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed