oleh

Jaga Kelestarian Situs Sejarah, Dandim 1426/Takalar Bersihkan Makam Raja Sanrobone

TAKALAR, TOPIKTERKINI.COM — Salah satu tempat bersejarah yang ada di Kabupaten Takalar adalah Fort Sanrobone atau Benteng Sanrobone.

Benteng Sanrobone yang terletak di Sanrobone Desa Sanrobone Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar adalah benteng peninggalan kerajaan Sanrobone yang merupakan saksi sejarah kerajaan di Kabupaten Takalar. Dalam lokasi benteng, terdapat beberapa situs bersejarah seperti makam dari Karaeng Sanrobone pertama yang dikenal dengan nama Karampang Cambelong atau yang lebih populer dengan sebutan Karaeng Panca Belong.

Selain itu terdapat pula Ga’donga (Kompleks Makam tokoh agama Islam di Makassar), Mesjid Tua Sanrobone, rumah adat Sanrobone, Kompleks Makam raja-raja-raja Sanrobone juga situs Pocci Buttaya ri Sanrobone (Pocci Butta ri Sanrobone sama dengan Pusat Tanah Sanrobone). Di sudut benteng, masing-masing terdapat petilasan yang sudah berumur ratusan tahun.

Demi menjaga kelestarian sitis bersejarah tersebut, Komandan Kodim 1426/Takalar, Letkol Czi Catur Witanto, S.I.P, M.Si.,M.Tr (Han) memerintahkan jajarannya untuk melaksanakan kerja bakti pembersihan situs makam raja sanrobone tersebut, Jumat (11/03/2022)

Dalam keterangannya, Dandim mengatakan melalui kerja bakti terhadap situs makam peninggalan sejarah kerajaan sanrobone bertujuan agar cagar budaya yang ada dapat terawat, terpelihara, terlindungi sehingga dapat mempertahankan dan menjaga kelestarian situs bersejarah sehingga kita semua dapat selalu mengenang sejarah dan perilaku nenek moyang kita dahulu.

Lebih lanjut Dandim menambahkan bahwa dalam kegiatan kerja bakti yang melibatkan masyarakat setempat ini, semua bekerja dengan semangat yang tinggi dan sangat antusias bahu membahu sehingga lokasi situs yang mulanya kelihatan kumuh menjadi sangat bersih dan indah dipandang mata.

Bukan hanya pembersihan, tapi kami juga melakukan pengecatan dan perbaikan pada bagian-bagian yang rusak sehingga dapat terlihat lebih indah. Tambah Dandim

Sementara itu, Imam Desa Sanrobone Syamsuddin karaeng Ragga yang juga merupakan Keturunan Raja Sanrobone mengatakan selama ini kegiatan pembersihan ini sangat ingin dilaksanakan, berkat dukungan dan fasilitas yang diberikan oleh Dandim 1426/Takalar beserta jajarannya kegiatan pembersihan di makam raja sanrobone terlaksana yang di mana dibantu oleh masyarakat ikut melaksanakan kerja bakti.

Tak hanya itu, Ketua Pemangku Adat Karaeng Sanrobone Dr. Ir. H. Ali Mallombassi, M.T Kr. Nyengka mengatakan mewakili pihak keluarga keturanan raja sanrobone dan masyarakat mengucapkan terima kasih atas kegiatan kerja bakti yang dilakukan oleh Kodim 1426/Takalar. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan demi untuk menjaga kelestarian cagar budaya sehingga generasi muda dapat mengetahui sejarah yang ada di daerah kita ini. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed