oleh

Kejari Donggala Resmikan Rumah Restorative Justice di Marawola Sigi

Topikterkini.com.sigi – Bertempat di Kantor Kecamatan Marawola, Bupati Sigi Mohamad Irwan, S. Sos.,M.Si didampingi Kajari Donggala, Mangantar Siregar, SH meresmikan Rumah Restorasi Justice, Rabu 30 Maret 2022.

Dalam pernyataannya Kajari Donggala mengatakan bahwa konsep Rumah Restorasi Justice ini merupakan suatu pendekatan yang lebih menitik-beratkan pada kondisi terciptanya keadilan dan keseimbangan bagi pelaku tindak pidana serta korbannya sendiri. Mekanisme tata acara dan peradilan pidana yang berfokus pada pemidanaan diubah menjadi proses dialog dan mediasi untuk menciptakan kesepakatan atas penyelesaian perkara pidana yang lebih adil dan seimbang bagi pihak korban dan pelaku.

Lanjut mangantar Siregar, Restorasi Justice itu sendiri memiliki makna keadilan yang merestorasi, apa yang sebenarnya direstorasi.

Menurutnya, di dalam proses peradilan pidana konvensional dikenal adanya restitusi atau ganti rugi terhadap korban, sedangkan restorasi memiliki makna yang lebih luas.

Dimana Restorasi meliputi pemulihan hubungan antara pihak korban dan pelaku. Pemulihan hubungan ini bisa didasarkan atas kesepakatan bersama antara korban dan pelaku. Pihak korban dapat menyampaikan mengenai kerugian yang dideritanya dan pelaku pun diberi kesempatan untuk menebusnya, melalui mekanisme ganti rugi, perdamaian, kerja sosial, maupun kesepakatan-kesepakatan lainnya.

Kenapa hal ini menjadi penting kata Kajari,  karena proses pemidanaan konvensional tidak memberikan ruang kepada pihak yang terlibat, dalam hal ini korban dan pelaku untuk berpartisipasi aktif dalam penyelesaian masalah mereka. Setiap indikasi tindak pidana, tanpa memperhitungkan eskalasi perbuatannya, akan terus digulirkan ke ranah penegakan hukum yang hanya menjadi jurisdiksi para penegak hukum. Partisipasi aktif dari masyarakat seakan tidak menjadi penting lagi, semuanya hanya bermuara pada putusan pemidanaan atau punishment tanpa melihat esensi, papar Kajari.

“Rumah Restoran Justice ini diperuntukkan untuk masyarakat Sigi yang ingin berkonsultasi mengenai penerapan hukum dilingkungan masyarakat,”imbuhnya.

Kegiatan ini di hadiri Anggota DPRD Sigi, Asisten Administrasi Umum Setidak Kabupaten Sigi, Jajaran Kejaksaan Negeri Donggala serta Camat Marawola.

Laporan: Alir

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed