oleh

Pemkab Donggala Canangkan Program Ramadhan Berkah

Topikterkini.com.Donggala – Pemerintah Kabupaten Donggala mencanangkan program Ramadhan berkah di kabupaten Donggala.

Program Ramadhan berkah ini merupakan bagian dari program pemerintah yang masuk dalam keseluruhan program Donggala kanamavali, seperti disampaikan Sekretaris Kabupaten Donggala, Rustam Efendi , S.Pd, SH, M.AP kepada media ini, 1 April 2022.

Rustam Efendi mengatakan bahwa pada saat dirinya menjabat sebagai kepala dinas pendidikan kabupaten Donggala kegiatan tersebut sudah terus dilaksanakan, bahkan selain kegiatan itu ada festival pelajar saleh yang juga dilaksanakan pada bulan ramadhan, merupakan bagian dari item kegiatan Ramadhan berkah.

Menurutnya, yang menjadi sasaran di program Ramadhan berkah ini tidak lain adalah untuk menciptakan suasana yang kondusif bagi anak-anak untuk terus melaksanakan aktifitas ibadah di bulan Ramadhan.

Kata dia, momentum ramadhan itu yang kemudian di isi dengan shalat berjamaah 5 waktu, puasa, shalat tarawih, tadarus Alquran, pesantren kilat.

“Melalui kegiatan tersebut diharapkan semua satuan pendidikan bisa mendesain kegiatan ini, misalkan pada ramadhan ini ada kebijakan anak-anak tetap sekolah berarti kegiatan dilaksanakan di sekolah,” ujar Sekda.

“Jika sekolahnya dekat dengan mesjid shalat dilakukan di mesjid, kalau tidak bisa menggunakan ruangan kelas,”tambahnya.

Dikatakannya mungkin hal ini agak sedikit repot, dan guru guru kepala sekolah memandang bahwa ini membebani. Pada awalnya mungkin anak-anak mungkin merasa terpaksa setiap shalat, puasa, tarawih di paraf. Tapi suatu ketika harapan kita mungkin anak-anak tersebut pada awalnya dipaksa, puasa dan shalat berjamaah dipaksa, lama kelamaan akhirnya akan terbiasa dan akhirnya jadi budaya kemudian menjadi karakter.

Intinya kata Sekab, pada saat sudah menjadi karakter pada saat mendengar suara azan anak tersebut sudah tidak perlu lagi dipaksa dan akan inisiatif sendiri untuk mengambil air wudhu dan sudah terbentuk karakternya. Hal ini merupakan program jangka panjang dan merupakan program tanggungjawab bersama bukan hanya guru dan kepala sekolah tetapi kita semua.

Ruslan Efendy mengajak semua pihak mendukung program tersebut agar generasi generasi itu bisa menjadi calon calon pemimpin kedepannya. Selaku Setda berharap program Ramadhan berkah ini bisa berkesinambungan, nanti kalau bukan di bulan Ramadhan diteruskan dengan aktivitas gerakan Donggala berimtak (beriman dan bertaqwa) dan kemasan program ini bukan hanya untuk yang beragama Islam.

Sementara Untuk agama Nasrani sebut sekda, ada program natal penuh kasih yang pelaksanaannya selama sebulan mulai dari 25 November sampai 25 Desember. Untuk agama Hindu Nyepi kedamaian yang diberkati.

“Semua gagasan itu membentuk perilaku anak dalam konteks keimanan dan ketakwaan,” Pungkas Rustam Efendy.

(Alir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed