LKTR Jokowi-JK, Sayangkan Tiga Desa Fiktif Diduga Terima Dana Desa Milyaran Rupiah

oleh -

Konawe, TOPIKterkini.com, Di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Diduga kuat terdapat tiga “Desa Fiktif” yang dimanfaatkan oknum tertentu konon menerima dana stimulus dari pemerintah.

Hal tersebut sangat disayangkan oleh Laskar komando trisakti relawan Jokowi-JK, Hendryawan Muchtar. Pasalnya, ketiga desa itu “Fiktif” diduga telah menerima anggaran dana desa (ADD) dan dana desa (DD) dengan nilai yang dikucurkan sebesar Rp. 5.084.543.000,.

Ketua LKTR Jokowi-JK, Hendryawan mengatakan, terdapat 3 (tiga) desa fiktif yang berada di Kabupaten Konawe yakni Desa Ulu Meraka Kecamatan Lambuya, Desa Uepai dan Desa Morehe Kecamatan Uepai. ujarnya pada media TOPIKterkini.com. Kamis (25/7/19).

Dikatakan Hendryawan, bahwa berdasarkan temuan Inspektorat Provinsi Sulawesi Tenggara, anggaran tersebut ditransfer dari RKUN ke RKUD Konawe, namun tidak dicairkan dari RKUD ke RKDes karena ketiga desa tersebut tidak memiliki wilayah administratif.

“Pemerintah pusat telah mentransfer Alokasi DD dan ADD ke RKUD Konawe sebesar Rp. 5.084.543.000,. sejak periode dari tahun 2015 hingga 2018 (semester 1). ungkap Hendryawan.

Padahal tujuan pemerintah pusat untuk Dana Desa dan ADD diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur di lingkungan pedesaan guna mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Namun, disayangkan dan memilukan adanya dugaan “Desa Fiktif” yang menerima Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat.

“Kami dari lembaga LKTR Jokowi-JK, mengharapkan kepada instansi terkait atau instansi hukum untuk mengusutkan tuntas adanya oknum tertentu melakukan dugaan tindak pidana korupsi yang merugikan negara,” Pungkas Hendryawan.

Laporan Jurnalis Sultra : Darman

Loading...