oleh

Peran pemerintah Desa sangatlah penting dalam mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat

TOPIKTERKINI.COM – SULTRA: Selain untuk kegiatan pembangunan infrastruktur, Dana Desa ( DD ) juga bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia ( SDM ) masyarakat melalui program pelatihan

Sejalan dengan waktu ide serta inovasi akan lahir dari para kepala desa guna merubah perwajahan suatu desa agar dapat bersaing dengan desa yang telah maju.

Agar tingkat kemiskinan dapat menurun dengan adanya program dana desa dalam kesetaraan peningkatan infrastruktur memanglah sangat penting agar terjalin hubungan kemitraan antara masyarakat dan pemerintah desa, demi tercapainya indonesia adil dan makmur.

Lewat program pelatihan fermentasi pakan ternak diharapkan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga pada akhirnya mampu menambah penghasilan masyarakat.

Selama ini peternak konvensional masih mencari rumput dan dedaunan untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak seperti sapi dan kambing, cara tersebut saat ini sudah dianggap tidak efisien.

Oleh dasar tersebut Rohsidin Kepala Desa Wunduwatu Kecamatan Andolo Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara dan didampingi oleh Asriadin sebagai Pendamping Lokal Desa ( PLD ) memiliki ide melalui usulan masyarakat untuk mengatasi kendala masyarakat yang memiliki ternak tersebut dengan cara mengupayakan pelatihan fermentasi pakan ternak kepada masyarakat.

Sebagian masyarakat Wunduwatu memiliki ternak berupa sapi dan kambing, akan tetapi cara beternak yang dijalankan masih manual, terkadang dimusim penghujan menjadi penghalang utama untuk mendapatkan pakan, kata Rohsidin.

Karena hal itu pula maka perlu adanya pelatihan cara beternak yang lebih modern agar bisa meningkatkan kualitas hidup masyaraka, kata Roshidin kemarin ( 5/1/2020 )

Namun bukan hanya itu, selain pelatihan fermentasi pakan ternak penggunaan Dana Desa tahap ketiga 2019 ini kami juga selaku Pemerintah Desa melalui usulan masyarakat telah berhasil membangun sarana infrastruktur berupa drainase sepanjang 600 meter yang terbagi ditiga titik yaitu Dusun 1, 2, dan 3, tutup sang Kades Roshidin

Laporan : Hasdin
Editor: Endran

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed