oleh

Polsek Bacan Timur Gelar Rakor dan Evaluasi Penyaluran BLT Penanggulangan Covid -19

TOPIKTERKINI.COM – HALTENG |
Kepolisian Sektor (Polsek) Bacan Timur (Batim) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Dana Desa (DD) dalam Penanggulangan Covid -19.

Polsek Bacan Timur Gelar Rakor dan Evaluasi Penyaluran BLT Penanggulangan Covid -19Rakor tersebut bertempat di Sentrak Pertemuan Polsek Bacan Timur Selasa, (02/06/20) siang tadi. Hadir dalam Rakor itu,
Kapolsek Bacan Timur Ipda M. Adnan Nijar SH, Kepala Inspektorat Pemkab Halsel Slamat Ak, Kabid Pengembangan Kawasan Pedesaan Dinas PMD Pemkab Halsel, Sagaf Kasuba, Perwakilan Dinas Sosial Zaki Wahab, Camat Bacan Timur Faisal Suaib, Camat Bacan Timur Selatan, Camat Bacan Timur Tengah dan seluruh kepala desa di wilayah 3 Kecamatan serta BPD masing-masing di 3 Kecamatan.

Kapolsek Bacan Timur Ipda M. Adnan Nijar SH kepada awak media menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi di masa pendemi Covid 19 ini dirinya bersama jajarannya, tentunya tidak mengabaikan rambu- rambu Protokol Covid -19. Sebelum tahapan pelaksanaan kegiatan sosialisasi di mulai peserta diarahkan dengan mencuci tangan dan pengecekan suhu badan terlebih dahulu serta menjaga jarak,” akunya.

Kapolsek menambahkan bahwa
Pelaksanaan kegiatan Rapat Koordinasi ini dengan melibatkan para kepala desa, BPD se-kecamatan bacan timur, bacan timur tengah, bacan timur selatan, Forkopincam, DPMD, Dinas Sosial dan Inspektorat Kabupaten Halmahera Selatan,” ujarnya.

Tujuannya untuk membangun langka koordinasi untuk dapat kita menekan beberapa peristiwa yang terjadi dari rentetan penyaluran BLT, hal ini paling tidak dapat kita memenimalisirnya,” ajak Kapolsek.

Di sela-sela kegiatan tersebut Ipda M Nijar SH juga menghimbau dengan adanya kegiatan rapat koordinasi ini kami berharap agar pemerintah desa agar lebih intens lagi melakukan sosialisasi serta memanfaatkan posko Covid -19 di masing-masing desa untuk menjadikan posko pengaduan atau semacam call center sehingga dapat menampung semua keluhan/kritikan dari masyarakat, sehingga masyarakat dapat tercerahkan dan tidak perlu lagi mencari informasi terkait dengan mekanisme atau tehnis BLT itu di salurkan.

“Kami berharap ke semua pihak yang terlibat dalam kegiatan penyaluran BLT Dana Desa supaya bekerja dengan profesional, tepat sasaran dalam penyaluran serta tetap menggunakan prosedur physical distancing saat penyaluran bantuan dan harus dilakukan dengan baik,” pintahnya.

Terpisah kepala Inspektorat Slamat Ak kepada awak media mengemukakan bahwa ia sangat mengapresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Polsek Bacan Timur. Menurutnya ide yang digagas oleh Bapak Kapolsek ini sangat baik dan luar biasa karena melalui rapat koordinasi bersama ini bisa memberikan pencerahan walaupun dengan waktu yang singkat. Ia berharap agar kegiatan seperti ini dapat juga dilaksanakan oleh semua Polsek yang ada di Halsel,” harapnya.

Hal yang sama juga di Sampaikan Camat Bacan Timur Faisal Suaib bahwa kegiatan ini sangat baik dan efektif dilaksanakan karena ini sangat membantu pemerintah desa, agar mereka lebih tahu persis tentang masalah pembagian atau penyaluran BLT,” cetusnya.

Terkait dengan BLT pihak instansi teknis melalui Kabid Pengembangan kawasan Pedesaan DPMD Kabupaten Halmahera Selatan Sagaf Kasuba menyampaikan terkait BLT dana desa secara teknis berhubungan dengan instansi terkait di Dinas Pemberdayaan masyarakat desa menurutnya karena DPMD sebagai Pembina kepala desa.
Untuk mekanisme pendataan dan menghindari adanya gejolak-gejolak maka penyaluran BLT dana desa ini harus sesuai mekanisme dengan melakukan musyawarah desa insidentil untuk melakukan validasi data sampai pada penetapan, dari hasil penetapan itulah menjadi dasar hukum Penyaluran BLT dana desa,” ungkapnya.

Laporan : Nasarudin Kausaha/Lamagi La Ode

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed