oleh

Serahkan LKPD Tahun 2020 Ke BPK, Pj Bupati Konsel Target WTP

TOPIKTERKINI.COM РKONSEL: Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Tahun 2020 resmi diserahkan ke Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra).

Laporan keuangan tersebut diserahkan langsung Penjabat (Pj) Bupati Dra Andi Tenri Rawe Silondae MM, yang diterima Kepala BPK Sultra Andi Sonny SH di Kantor BPK Perwakilan Sultra di Kota Kendari, Senin (22/3/2021) Lalu.

Ditemui usai penyerahan LKPD, Pj Bupati Andi Tenri menuturkan bahwa pelaporan ini bagian dari implementasi pertanggung jawaban Pemerintah Daerah dalam melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

“Ini bentuk kepatuhan dan pertanggung jawaban terhadap negara atas perintah undang undang, yang nantinya diperiksa dan dinilai oleh BPK terkait kewajaran pengelolaan keuangan yang disajikan dalam LKPD yang kita serahkan hari ini,” sebut Andi Tenri.

Dijelaskan Andi Tenri, pemeriksaan BPK meliputi pemeriksaan atas kinerja pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara sesuai standar akuntasi pemerintah, kecukupan pengungkapan dan efektifitas sistem pengendalian intern serta kepatuhan terhadap peraturan perundang undangan.

“Atas hal itu, kita optimis mememuhi standar yang di maksud, meskipun pelaksanaan anggaran di recofusing karena pandemi covid-19, namun bukan jadi alasan untuk tidak meraih opini terbaik,” yakinnya.

Olehnya itu Pj Bupati Konsel yang juga Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemprov Sultra ini berharap laporan hasil pemeriksaan BPK Perwakilan Sultra atas LKPD. Konawe Selatan bisa memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan lebih meningkat dari capaian tahun sebelumnya.

“Optimis pengelolaan keuangan kita masih berjalan sesuai koridor dan dapat dipertanggung jawabkan. Sehingga target WTP bisa kita raih kembali dengan nilai yang memuaskan,” pungkas Pj Bupati Andi Tenri.

Sebelumnya Pemerintah Daerah Konawe Selatan raih Opini WTP 3 (tiga) kali berturut turut, yakni Tahun 2017, 2018 dan 2019. Dimana penyerahan LPKD ke BPK bersamaan dengan 17 Kab/Kota se- Sulawesi Tenggara.

Laporan: Muh Sopian

Komentar

News Feed