oleh

Manfaatkan Program PKTD, Kades Sanggi-sanggi Kurangi Pengangguran di tengah Pandemi Covid-19

TOPIKTERKINI.COM – KONAWE SELATAN | Di masa adaptasi kebiasaan baru (New Normal), Pemerintah telah mengambil langkah dengan menetapkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Padat Karya Tunai Desa (PKTD) telah bergulir beberapa tahun terakhir di seluruh Desa se-Indonesia. Namun akan ada yang berbeda di tahun 2021, pasca munculnya Pandemi COVID-19 beserta efek sosial, kesehatan, psikologis, dan ekonomi yang sangat dirasakan oleh masyarakat.

Dalam kesempatanya Kades Sanggi-Sanggi Muhammad Yunus, S.Sos dalam keterangan rapatnya dibalai Desa menyampaikan kepada masyarakat dengan hadirnya program Pemerintah Pusat maka kita harus manfaatkan sebaik baiknya, apa lagi mengingat hari ini Pandemi COVID-19 belum di tahu kapan berakhirnya, Kamis (24/06/2021).

“Salah satu poin utamanya adalah mengatur Prioritas Penggunaan Dana Desa (DD) secara swakelola dengan skema program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) Jadi program ini kita gunakan sebaik baiknya dan kita manfaatkan sebaik baiknya untuk meningkatkan ekonomi kemasyarakatan.”Ucap Yunus

Masi kata dia, Yunus dengan munculnya Program PKTD saya berharap bisa mampu mengurangi angka pengangguran di massa Pandemi COVID-19 serta mampu meningkatkan perekonomian di sektor pertanian dengan Bercocok tanam Nilam khususnya masyarakat Desa Sanggi-Sanggi.

Lebih Lanjutnya, Kades Sanggi-Sanggi
adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat Desa, khususnya yang miskin dan marginal, yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/pendapatan, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

kegiatan pemanfaatan lahan kosong milik Desa untuk tanaman pangan dan perkebunan, kegiatan pemanfaatan lahan kosong milik warga untuk penanaman sayuran dan lain-lain dan kegiatan penanaman Nilam tanaman pokok di lahan-lahan perkebunan lainya,”Tandansya

“Ditempat yang sama Sawal, SP. Merespon Positif dengan hadirnya Program PKTD ini. bagaimana tidak ditengah Mewabahnya Virus Korona Masyarakat sangat susah mendapatkan pekerjaan, jadi dengan munculnya Program Skala Prioritas PKTD mampu mengembalikan pendapatan masyarakat di Era Pandemi COVID-19.

Ditambahkanya Alumni Pertanian Unsultra ini Padat Karya Tunai Desa kini kian menjadi isu penting untuk memperkuat imun ekonomi di Desa, sekaligus menopang ekonomi nasional.

Lebih lanjut Sawal sapaan Akrbanya, Apa lagi kita ketahui bersama hasil pertanian kita di Kabupaten Konsel sangat memadai, dengan munculnya tanaman Nilam Ini mampu mengembalikan pendapatan Ekonomi Masyarakat.

“Jadi saya sangat bersyukur di massa pandemi pemerintah tidak berdiam diri selalu memunculkan program-program yang pro terhadap masyarakakat Sanggi-Sanggi.”Tutup Sawal, SP.

Laporan: Muh Sopian

Komentar

News Feed