oleh

Pemdes Ahuangguluri manfaatkan 8% Dana Desa Untuk Penanggulangan COVID-19

TOPIKTERKINI.COM – KONAWE SELATAN | Pemerintah Desa Ahuangguluri Kecamatan Baito Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyisihkan anggaran yang bersumber 8 Persen dari total Dana Desa (DD) 2021 untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Dana dimaksud untuk pengendalian Pandemi karena adanya pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sehingga melalui dana desa diperuntukan untuk Pencegahan Terhadap Wabah Covid-19.

Ada berapa hal berskala desa tentang penanganan covid-19 dengan dana 8 persen itu adalah pertama pembuatan posko Covid-19, Ruang Isolasi , kedua untuk Aksi Desa Aman dari COVID-19, dan ketiga adalah pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 skala desa.

Selain itu, pemerintah desa ahuangguluri bekerja sama dengan Mitra Pemdes yaitu BPD, Pendamping Desa, serta Pemerintah Kecamatan dan unsur TNI/ POLRI untuk melakukan sejumlah tindakan, seperti melakukan edukasi dan sosialisasi terkait pencegahan maupun penanganan pandemi COVID-19,” tutur Sukirno. Rabu (02/06/2021).

Masi kata dia, Sukirno kemudian melakukan pembinaan sebagai upaya meningkatkan disiplin warga dalam penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak aman, dan membatasi mengumpulkan masyarakat.

Giat lainnya adalah membentuk Pos Jaga Desa atau memberdayakan Pos Jaga Desa yang telah ada, menyiapkan tempat cuci tangan atau hand sanitizer, melakukan penyemprotan cairan disinfektan sesuai keperluan.

Bukan hanya itu Pemdes Ahuangguluri menyiapkan Masker Sebanyak 600 lembar untuk warga serta tempat cuci tangan portable, lengkap dengan Handsanitizer serta Pos Satgas Copid-19,

Juga Memberikan Bantuan dari anggaran dana 8 persen Kepada Lansia berupa kursi roda, alat bantu jalan walker tanpa roda serta tongkat orang buta,” ujarnya

Berikutnya adalah menyiapkan atau merawat ruang isolasi desa agar sewaktu-waktu siap digunakan, kemudian melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin dan melaporkan kepada Satgas Penanganan COVID-19 baik tingkat kecamatan maupun Kabupaten,”Tutup Sukirno

Laporan: Muh Sopian

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed