oleh

DISPORA LOTIM AKTIF TURUN KE DESA LAKUKAN PEMBINAAN DEMI PENINGKATAN SDM PEMUDA

 

Topikterkini.com Lombok Timur—Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Timur aktif menyerap informasi hingga turun langsung ke Desa-desa yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Timur, Dispora bertanggung-jawab terhadap pembinaan dan pemberdayaan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh para Pemuda demi kemajuan Daerah Lombok Timur, Kamis 3/02.

Kunjungan Dispora Lotim ke wilayah selatan adalah bersilaturahmi ke Pemuda Dusun Ujung Desa Pemongkong Kecamatan Jero Waru, Pertemuan tersebut dilakukan di rumah Lalu Muhammad Darwan salah satu pemuda setempat yang diakui berjiwa sosial oleh warga sekitar sebagai Pemdua yang selalu berkontribusi dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat, dalam pertemuan itu hadir dari unsur pemerintah setempat yakni Sekdes Pemongkong Mukmin Sasaka termasuk tokoh Pemdua dan tokoh masyarakat.

Dikatakan Lalu Muhammad Darwan atau yang biasa dipanggil Miq Rian, Pemuda di Dusun Ujung Desa Pemongkong diakuainya memang sudah ada kelompok Pemuda, namun gerakannya tidak kelihatan, dan programnya tidak berjalan, dengan kondisi pemuda seprti ini, membuat dirinya sangat prihatin. Karena itu, Ia bersama Pemdua setempat lainya memiliki langkah konkrit untuk memperbaiki kondisi SDM pemuda Dusun Ujung untuk kemajuan Desa Pemongkong yang lebih baik.

“Kami ingin membentuk Pemdua yang bisa bermanfaat untuk masyarakat dan membuat Desa Pemongkong menjadi maju” tegas Miq Rian.

Selajutnya dalam pertemuan itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Pemongkong Mukmin saat menyapikan keinganan Pemuda mengatakan, dirinya menyambut baik apa yang menjadi gagasan Pemuda Dusun Ujung termasuk kepedulian Lalu Muhammad Darwan terhadap kondisi Pemuda saat ini, dirinya sangat mengapresiasi hal tersebut, menurtnya langkah-langkah semacam ini, sampai mendatangkan Dinas Pemuda Olahraga merupakan langkah yang sangat bagus dan strategis.

“Kami mewakili pemerintah Desa sangat mendukung langkah Pemuda Dusun Ujung, ini merupakan langkah yang sangat bagus untuk kemajuan Desa” ucap Sekdes Pemongkong Mukmin yang dikenal eksis di Media Sosial itu.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Timur dr. Kurnia Akmal yang menghadiri acara ini mengatakan, Pemuda itu sebagai generasi penerus bangsa, Pemuda adalah penentu nasib bangsa, Pemuda yang menentukan kemajuan bangsa, Pemuda sebagai tolak-ukur kemajuan bangsa, apabila Pemudanya baik dan maju maka bangsa pun akan maju, sebaliknya jika Pemudanya tidak dibina dengan baik maka masa depan bangsa menjadi suram.

“Apa yang menjadi keinginan Pemuda Dusun Ujung kami dari Dispora sangat mendukung dan kami di Dinas akan membatu menyelesaikan kepengurusan Kepemudaan yang akan dibentuk” Kata Akmal yang juga pegiat seni Bonsai.

Lanjut dia, Pemuda butuh pembinaan, butuh kepedulian dari semua pihak termasuk dari tokoh agama, tokoh masyarakat yang memiliki inspirasi, ide dan gagasan positif untuk ikut terlibat demi kemajuan Daerah, Bangsa dan Negara. Dispora dalam hal ini harus banyak terlibat turun silaturahmi ke tingkat bawah, apa yang dilihat, apa yang diserap baik itu dibidang kewirausahaan atau bidang Olahraga nanti akan menjadi bahan evaluasi di Dispora demi kemajuan Daerah, Bangsa dan Negara.

Dijelaskan Pemuda Dusun Ujung Desa Pemongkong memiliki semangat yang luar biasa untuk membangun Desanya, mereka ingin berbuat, mereka ingn bangkit, ingin berkreativitas, karena itu Pemuda butuh dibina, Pemuda butuh wadah untuk menyalur kreativitas, dalam hal ini, Pemertinah melalui Dinas Pemuda Olahraga bertanggungjawab memberikan fasilitas baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Lebih jauh dikatakan Akmal, jangka pendek yang dimaksud adalah Disapora berperan dalam melakukan pembinaan Pemuda, memfasilitasi mininaml bagaimana membentuk komunitas, mendirikan organisasi Pemuda termsuk bagaimana memulai sebuah organisasi, membuat agenda rapat kerja termasuk memberikan support anggran.

“Kami memfasilitasi Pemuda dengan memberikan support anggaran, tanpa anggaran mereka akan kesulitan, jagan biarkan Pemuda jalan sendiri, harus dibina demi kemajuan Daerah” jelas Akmal ketua IDI Lombok Timur ini.

Kemudian untuk jangaka panjang Dispora memberikan kependidikan kepemimpinan, pendidikan kepeloporan, pembinaan kewirausahaan, Pemuda lebih produktif, pemuda menjadi inisiator, ketika kelompok Pemuda tersebut sudah mandiri maka otomatis mereka sudah menjadi Pemuda yang produktif artinya mereka memiliki penghasilan yang kemudian melahirkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk kemajuan Daerah itu sendri.

Akmal berharap semoga Pemuda Lombok timur tetap bersatu, tetap produktif, kita sangat membutuhakn Pemuda yang kreatif, Pemuda yang inovatif, juga Pemuda yang beretika baik, karenanya Pemuda harus dibina jangan biarkan jalan sendiri demi kemajuan Bangsa dan Negara.

Liputan: Burhanudin Febrians.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed