5 Bahaya Minum Kopi di Pagi Hari Saat Perut Kosong

5 Bahaya Minum Kopi di Pagi Hari Saat Perut Kosong

TOPIKterkini.com – Minum Kopi saat ini sudah menjadi gaya hidup jaman modern, kebanyakan orang menyambut pagi dengan minum kopi, saat sarapan sebelum beraktivitas di luar rumah.

Namun tahukah Anda, minum kopi di saat perut kosong merupakan hal yang tidak baik:

1. Menyebabkan Naiknya Asam lambung

Asam lambung penting untuk mendukung kelancaran pencernaan makanan dan merupakan cairan bersifat korosif kuat yang dapat menggenang di dalam lambung jika dibiarkan tanpa ada makanan untuk diolah.

Kopi dekafein (decaf) sekalipun terbukti merangsang produksi asam. Oleh karena itu, minum kopi saat perut kosong dapat meningkatkan keasaman perut yang akan menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan sepanjan hari.

5 Bahaya Minum Kopi di Pagi Hari Saat Perut Kosong

2. Menekan Produksi Hormon Kortisol

Minum kopi saat perut kosong di pagi hari dapat mengganggu produksi kortisol, komponen penting dari jam sirkadian, alarm alami tubuh yang dapat membantu Anda bangun di pagi hari dan membuat Anda mengantuk di malam hari. Saat pagi hari, otak melepaskan begitu banyak produksi kortisol untuk membangunkan Anda. Ini menyebabkan produksi kortisol menurun dan tubuh menjadi bergantung pada kafein untuk melek.

3. Mudah Stres

Umumnya kopi menimbulkan kegelisahan, stres dan perubahan suasana hati Tingkat serotonin hormon pemicu rasa tenang dan bahagia yang diproduksi otak dasarnya rendah sepanjang pagi hari. Saat minum kopi di saat perut kosong di pagi hari, efek negatif dipercaya bisa lebih buruk.

Kafein merangsang sistem saraf yang berarti terlalu banyak kopi dapat mempercepat denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah. Dengan begitu, Anda mudah merasa cemas dan stres.

4. Gangguan Penyerapan Nutrisi

Kopi dikenal mengandung kafein. Kafein berperan dalam mempercepat pengeluaran cairan dalam tubuh melalui kinerja ginjal. Orang yang gemar minum kopi, juga gemar ke kamar kecil untuk buang air karena kafein. Hal ini mengakibatkan tubuh tak memiliki waktu untuk penyerapan mineral seperti, seng, magnesium, kalsium serta mineral penting lainnya.

Minum kopi saat perut dalam keadaan kosong membuat tubuh kekurangan magnesium. Kekurangan magnesium dapat memicu timbulnya sederet masalah kesehatan antara lain, kerusakan gigi, osteoporosis, migrain, hipertensi dan penyakit jantung.

5 Bahaya Minum Kopi di Pagi Hari Saat Perut Kosong
5. Dehidrasi

Selain mengganggu penyerapan mineral penting, minum kopi saat perut kosong berakibat pada dehidrasi. Sering buang air kecil membuat tubuh kehilangan cairan secara drastis. Dehidrasi dapat membuat tubuh lemas, sakit kepala bahkan pingsan.

Semakin lama ketergantungan, menyebabkan tubuh menjadi kebal terhadap efek kafein yang membuat mereka terus menerus minum kopi saat perut kosong setiap pagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *